PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI DEGREES OF COMPARISON PADA KELAS VIII DI SMP ISLAM TERPADU SHAFTA SURABAYA

  • ANDRE PRATAMA PUTRA
  • BACHTIAR SYAIFUL BACHRI

Abstract

Abstrak

Dalam kondisi ideal berdasarkan RPP yang disusun, siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan, yaitu (1) peserta didik dapat mengidentifikasi struktur teks untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan (dialog/interview) perbandingan jumlah dan sifat orang, (2) peserta didik dapat mengidentifikasi unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial menyatakan dan menanyakan perbandingan jumlah dan sifat orang. Sedangkan kondisi riil yang terjadi adalah (1) hanya 30% siswa yang mampu mencapai tujuan pembelajaran seperti yang telah dirumuskan, (2) materi Degree of Comparison sifat materinya hanya berupa kemampuan menghafal sehingga diperlukan media untuk meningkatkan pemahaman peserta didik tentang materi ini, (3) Pembelajaran masih menggunakan cara konvesional oleh guru sehingga dianggap kurang maksimal dalam mencapai kepahaman siswa secara menyeluruh. Sehingga dipandang perlu adanya pengembangan media CAI Bahasa Inggris untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa dalam mempelajari materi Degree of Comparison. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kelayakan media CAI Bahasa Inggris (2) Mengetahui keefektifan media CAI Bahasa Inggris dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Pada penelitian ini digunakan instrument lembar wawancara terstruktur kepada ahli dan uji coba produk kepada siswa untuk mengetahui kelayakan media, serta menggunakan pre test dan post test yang dihitung menggunakan rumus uji t untuk mengetahui keefektifan media terhadap pembelajaran. Berdasarkan pada validasi ahli media dan materi serta serangkaian uji coba kepada siswa mendapat kategori sangat baik, sehingga media dapat dikatakan layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil penghitungan menggunakan rumus uji t menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari pada t tabel, 14,438 > 1,697 . Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini, media efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran..

Kata kunci : Pengembangan, CAI, Bahasa Inggris

Abstract

In an ideal condition based on the prepared RPP, students can achieve the learning objectives that have been determined, namely (1) learners can identify the structure of the text to carry out the social function of declaring and asking (dialog / interview) comparison of the number and nature of people, (2) learners can identify the linguistic element to carry out the social function of declaring and asking comparison of the number and nature of people. While the real condition that occurs is (1) only 30% of students who are able to achieve the learning objectives as has been formulated, (2) material Degree of Comparison the nature of the material is only a memorization so that needed media to improve students understanding of this material, (3) The learning is still using conventional way by the teacher so that it is considered not maximal in reaching comprehension of students as a whole. So it is considered necessary for the development of CAI English media to improve student learning outcomes in studying Degree of Comparison materials. The purpose of this study are (1) To know the feasibility of CAI media English (2) To know effectiveness of CAI media English in learning. This research uses ADDIE development model (analyze, design, development, implementation, evaluation). In this study used structured interview sheet method to the expert and product test to the students to know the feasibility of media, and use pre test and post test which calculated using t test formula to know effectiveness of media to learning. Based on the validation of media experts and materials as well as a series of trials to students gets very good category, so the media can be said worthy to be used in learning. The result of calculation using t test formula shows that t arithmetic is bigger than t table, 14,438> 1,697. Based on these results can be concluded that in this study, the media is effective for use in learning activities.

Key word : Development, CAI, English.

Published
2018-08-31
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 65