PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BONEKA TANGAN PADA TEMA BINATANG TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK DAN BERBICARA ANAK DI RA HIDAYATULLAH BENOWO SURABAYA

  • MOHAMMAD HARTO

Abstract

Abstrak
Sesuai dengan kurikulum taman kanak kanak tahun 2010. Terdapat dua tujuan yang harus dikembangkan yaitu pembentukan perilaku dan pembentukan kemampuan dasar. Pembentukan perilaku meliputi nilai nilai agama dan moral sedangkan pembentukan kemampuan dasar meliputi bahasa, kognitif dan dan fisik. Salah satu aspek penting yang hus diperhatikan adalah perkembangan bahasa. Perkembangan bahasa mencakup kemampuan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Kemampuan menyimak dan berbicara merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki anak, karena tanpa kemampuan ini anak akan banyak mengalami hambatan dalam kemampuan bahasanya. Untuk mengatasi hambatan hambatan yang muncul dalam pembelajaran berbahasa diperlukan media yang dapat membantu peningkatan kemampuan menyimak dan berbicara anak.
Pemilihan media ini harus sesuai dengan karakteristik anak yang menjadi sasaran yaitu: aktif, antusias, banyak bertanya dan memiliki rasa ingin tahu yang besar. Hal ini sangat cocok dengan karakteristik siswa TK B RA Hidayatullah Benowo Surabaya. Berdasarkan fenomena tersebut maka dipilih media boneka tangan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menyimak dan berbicara anak di RA Hidayatullah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menyimak dan berbicara anak di RA Hidayatullah setelah menggunakan media boneka tangan.
Hasil dari analisis observasi yang telah dilakukan, diketahui bahwa proses pemanfaatan media pembelajaran boneka tangan dengan sumber data guru diperoleh hasil sebesar 82,14%. jika hasil tersebut disesuaikan dengan kriteria maka tergolong baik sekali. Untuk data hasil dengan sumber data siswa diperoleh hasil sebesar 77,35%, jika hasil tersebut dikonsultasikan dengan kriteria maka tergolong baik. Sedangkan uji hasil tes diperoleh t hitung 9,07 dengan db =21–1=20 dan taraf signifikan 5 % maka diperoleh t tabel 2,086. Dari perhitungan tersebut diketahui bahwa t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 9,07 > 2, 086. Maka data ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan menyimak dan berbicara anak di RA Hidayatullah benowo surabaya
Kata Kunci :Pemanfaatan media pembelajaran boneka tangan, kemampuan menyimak dan berbicara anak


ABSTRACT
in accordance with the kindergarten curriculum in 2010. There are two objectives to be developed ie behavior formation and establishment of basic skills. Formation behavior includes religious and moral values while the formation of the basic skills covering language, and cognitive and physical. One important aspect that must be considered is the development of language. Include the development of language skills listening, speaking, reading and writing. Listening and speaking abilities are basic skills that must be possessed child, because without the ability of the child will be many obstacles in her language skills. To overcome the obstacles in language learning media is necessary to help improve the child's ability to listen and speak.
The media selection should be in accordance with the characteristics of children who were targeted, namely: active, enthusiastic, lots of questions and have a great curiosity. It is very suitable to the characteristics of kindergarten students B RA Hidayatullah Benowo Surabaya. Based on this phenomenon then selected media puppets as a medium of learning to improve listening and speaking skills in RA Hidayatullah children. This study aims to determine the increase in listening and speaking skills in RA Hidayatullah child after using a hand puppet media.
Results of the analysis of observations that have been made, it is known that the process of utilization of instructional media puppets with teacher data sources obtained yield was 82.14%. if the results are adjusted for the criteria quite well once. To data from the sources of student data obtained yield was 77.35%, if the results of the consultation with the criteria quite well. While the test results obtained by t test with a 9.07 db = 21-1 = 20 and a significance level of 5% of the obtained t table 2.086. From these calculations is known that t is greater than t table is 9.07> 2, 086. Thus these data suggest that the use of instructional media puppets can improve listening and speaking skills in RA Hidayatullah children Benowo surabaya
Keywords : Utilization of instructional media puppets hand, the ability of listening and speaking children

Published
2013-05-24
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 25