PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BIDANG DATAR SIMETRIS UNTUK SISWA KELAS IV DI SDN JATIKALEN 3 NGANJUK

  • MAYA AYUNINGDYAH
  • KHUSNUL KHOTIMAH

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti, ditemukan suatu permasalahan yaitu minimnya media belajar yang berbasis IPTEK. Terbukti dari hasil wawancara yang dilakukan dengan guru kelas IV tentang proses pembelajaran yang terjadi di SDN Jatikalen 3. Adapun tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah; 1) untuk mengembangkan menghasilkan Media Audiovisual Animasi yang layak dan efektif pada Pelajaran Matematika Materi Bidang Datar Simetri Untuk Siswa Kelas IV Di SDN Jatikalen 3 Nganjuk, dan 2) untuk mengetahui keefektifan pengembangan Media Audiovisual Animasi Pelajaran Matematika Materi Bidang Datar Simetri Untuk Siswa Kelas IV Di SDN Jatikalen 3 Nganjuk. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui kelayakan media adalah angket, sedangkan untuk mengetahui keefektifan media digunakan instrumen tes dengan uji-T Control Group Pre-test Post-test sebagai teknik analisis datanya. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Jatikalen 3 Nganjuk. Hasil angket ahli media animasi pembelajaran mendapatkan nilai presentasi 80%. Sedangkan untuk ahli materi mendapatkan nilai presentase 70%. Hasil uji kelayakan kelayakan media yang telah dilakukan kepada; 1) uji coba perorangan mendapatkan nilai presentase 86,6%, 2) uji coba kelompok kecil mendapatkan nilai presentase 85%, 3) uji coba kelompok besar mendapatkan nilai presentase 93,6%. Berdasarkan hasil belajar siswa pada penggunaan media audiovisual animasi pembelajaran memperoleh data dengan taraf signifikan 5% , db= 30-1=29, sehingga diperoleh ttabel 1,699. Jadi thitung lebih besar daripada ttabel yaitu 4,98 > 1,699. Hal ini membuktikan bahwa siswa mengalami peningkatan hasil belajar setelah menggunakan media audiovisual animasi pembelajaran materi bidang datar simetris pada mata pelajaran Matematika

Kata Kunci: Pengembangan, Media Video Animasi Pembelajaran, Bangun Datar Simetris, Hasil Belajar

Published
2018-09-25
Abstract Views: 173
PDF Downloads: 294