PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK WEBSITE MATA PELAJARAN TEKNOLOGI PERKANTORAN KELAS X SMK PGRI 13 SURABAYA

  • NUR ISNAN AMAR SAUQI
  • SUTRISNO WIDODO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X APK di SMK PGRI 13 Surabaya. Penelitian ini menggunakan true experiment design dengan desain penelitian pre-test post-test control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X APK 1 dan 2 SMK PGRI 13 Surabaya. Sampel penelitian berjumlah 64 siswa dengan dua kelas kelas eksperimen dan 32 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan observasi dan berupa tes (pre-test dan post-test). Tes yang diberikan berupa pilihan ganda. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas nilai pre-test dan post-test didapatkan kelas eksperimen. Dan untuk kelas kontrol terdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Keterlaksanaan pembelajaran pada ketiga kelas yang diamati dari aktivitas guru dan siswa terlaksana dengan baik dengan presentase rata-rata 93%) Berdasarkan uji anava hasil belajar siswa pada dua kelas eksperimen meningkat dengan baik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournaments (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: Model pembelajaran koopeartif tipe teams games tournaments, dan hasil belajar

Abstract

This study aims to improve the learning outcomes of class X APK students at SMK PGRI 13 Surabaya. This study uses true experiment design with pre-test post-test control group design. The study population was students of class X APK 1 and 2 of SMK PGRI 13 Surabaya. The research sample was 64 students with two experimental class classes and 32 students as a control class. Data collection uses observation and in the form of tests (pre-test and post-test). The test given is multiple choice. Based on the normality test and the homogeneity of the value of the pre-test and post-test, the experimental class was obtained. And for the control class it is normally distributed. The results of the study showed: 1) The implementation of learning in the three classes observed from the activities of teachers and students was well implemented with an average percentage of 93%) Based on the ANOVA test the student learning outcomes in the two experimental classes improved well. The results of the study concluded that cooperative learning models of teams games tournaments (TGT) can improve student learning outcomes.

Keywords: Cooperative learning model type teams games tournaments, and learning outcomes
Published
2018-12-18
Abstract Views: 5
PDF Downloads: 9