PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN IPS MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA UNTUK SISWA KELAS V SDN JEMUNDO 1 TAMAN

  • Fahmi Syahrul Rozy
  • KHUSNUL KHOTIMAH

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media komik pembelajaran dan mengetahui keefektifan media komik pembelajaran pada materi proklamasi kemerdekaan indonesia untuk siswa kelas V SDN Jemundo 1 Taman.

Dalam pengembangan media komik pembelajaran ini digunakan model pengembangan Research and Development (R&D). Dalam pelaksanaannya model pengembangan R&D ini dilakukan modifikasi agar sesuai dengan keperluan pelaksanaan pengembangan media. Media divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta telah diujicobakan kepada siswa kelas V SDN Jemundo 1 Taman,, Sehingga media ini layak digunakan.

Hasil yang diperoleh dari uji T menunjukkan rata-rata uji coba post-test lebih tinggi yaitu 75,16 lebih tinggi dibandingkan nilai pre-test yaitu 60,64. Selain itu, berdasarkan pengujian menggunakan taraf signifikan 5% , db= 31-1=30, sehingga diperoleh ttabel 2,021. Jadi thitung lebih besar daripada ttabel yaitu 4,59> 2,021. Dengan demikian perbedaan hasil pretest dan posttest tersebut dinyatakan signifikan. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan Media Komik Pembelajaran mengalami peningkatan.

Kata Kunci : Pengembangan, media komik pembelajaran, Ilmu

Pengetahuan Sosial.

Abstract

The purpose of this study was to determine the feasibility of learning comic media and to find out the effectiveness of learning comic media on the material of the Indonesian independence proclamation to students of class V SDN Jemundo 1 Taman

In the development of learning comic media was used Research and Development (R&D) development model. In the implementation of this R & D development model was modified to suit the needs of the implementation of media development. Media validated by material experts and media experts and has been tested to students of class V SDN Jemundo 1 Taman, So this media is worthy of use.

The results obtained from the T test show the average of the higher post-test trial that is 75.16 higher than the pre-test value is 60.64. In addition, based on testing using a significant level of 5%, db = 31-1 = 30, so obtained Ttable 2.021. So thitung is bigger than Ttable that is 4.59> 2.021. Thus the difference of pretest and posttest result is stated significant. So it can be concluded that the results of student learning using Learning Comic Media has increased.

Keywords: development, comic learning media, Social Sciences.

Published
2018-12-27
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 283