PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PENGAMBILAN GAMBAR MATERI POKOK PERGERAKAN KAMERA PENGAMBILAN GAMBAR BERGERAK KELAS XII MULTIMEDIA DI SMK DR SOETOMO SURABAYA

  • KUN FAHMI ARIFIN
  • ALIM SUMARNO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui kelayakan dan keefektifan media video pembelajaran yang dikembangkan pada peserta didik kelas XII Multimedia SMK Dr Soetomo Surabaya. Media video pembelajaran dikemas dalam bentuk keping CD dengan tujuan pembelajaran dan materi yang di tayangkan dengan video format future sehingga isi materi dalam video sehingga siswa merasa tertarik dan termotivasi dalam lebih aktif dalam belajar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII Multimedia SMK Dr Soetomo Surabaya. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan R&D. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t. Pada uji validitas item soal dinyatakan valid sedangkan uji reliabilitas dinyatakan reliabel. Data yang dianalisis bersifat homogen dan berdistribusi normal.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Video yang dikembangkan dengan materi pokok Pergerakan Kamera Pengambilan Gambar Bergerak dikatakan layak dari aspek materi maupun media. Pada ahli materi tidak ada revisi dan dikategorikan sangat baik dengan presentase 100% sedangkan ahli media dikategorikan sangat baik dengan presentase 94%. 2) Hasil uji coba yang dilakukan secara perseorangan, kelompok kecil, dan kelompok besar menunjukkan bahwa media video pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan dua analisis diatas dapat disimpulkan bahwa media video pembeajaran yang dikembangkan layak digunakan. Uji t hasil posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (thitung = 10,96 > ttabel = 2,000). Sehingga dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran yang dikembangkan materi pokok Pergerakan Kamera Pengambilan Gambar Bergerak atau Camera Movement efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII Multimedia SMK Dr Soetomo Surabaya.

Kata Kunci : Pengembangan, Video, Camera Movement, Hasil Belajar

Abstract

This study aims to determine the feasibility and effectiveness of learning video media developed in students of XII Multimedia class at SMK Dr. Soetomo Surabaya. Learning video media is packaged in the form of CDs with learning objectives and material displayed with video format futures so that the contents of the material in the video so that students feel interested and motivated to be more active in learning. The subjects of this study were students of XII Multimedia Vocational High School Dr. Soetomo Surabaya. The development model used is the R & D development model. Data collection methods use questionnaires and tests. Data analysis techniques use the t test formula. In the test the validity of the item is declared valid while the reliability test is declared reliable. The analyzed data is homogeneous and normally distributed.

The results of the data analysis show that: 1) Videos developed with the subject matter of the Moving Camera Image Moving Movement are said to be feasible from both material and media aspects. In the material expert there was no revision and was categorized very well with a percentage of 100% while media experts were categorized very well with a percentage of 94%. 2) The results of trials carried out individually, small groups, and large groups show that the developed learning video media is included in the excellent category. Based on the two analyzes above, it can be concluded that the instructional video media developed is suitable for use. The t test of the posttest results of the experimental group and the control group showed that there were significant differences between the experimental group and the control group (tcount = 10.96> t table = 2,000). So it can be concluded that the learning video media developed by the subject matter of the Movement of the Moving Image Taking Camera or Camera Movement is effective to improve the learning outcomes of the XII Multimedia class of SMK Dr. Soetomo Surabaya.

Keywords: Development, Video, Camera Movement, Learning Outcomes


Published
2018-12-27
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 23