PENGEMBANGAN E-MODUL PADA MATERI MEMBUAT VEKTOR MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS DI SMK NEGERI 7 SURABAYA

  • ACHMAD RAZZAQ

Abstract

Mata Pelajaran dasar desain grafis merupakan suatu pengetahuan mengenai dasar suatu desain grafis. Coreldraw merupakan suatu softwere yang digunakan untuk membuat atau mengedit suatu gambar atau suatu desain grafis dalam bentuk vektor. Maka dari itu mata pelajaran dasar desain grafis harus menjadi salah satu pelajaran wajib yang ada di seluruh jenjang pendidikan. Berdasarkan studi awal dan observasi yang dilakukan peneliti di SMK Negeri 7 Surabaya pada tanggal 26 oktober 2017 diperoleh informasi bahwa ada 34 siswa mendapatkan nilai dibawah KKM pada pelajaran Dasar Desain Grafis. Hal ini dikarenakan materi pengenalan tools pada CorelDraw merupakan materi yang sangat banyak mengandung konsep-konsep yang tidak bisa hanya digambarkan dengan gambaran abstrak saja serta strategi pembelajaran serta media yang digunakan masih belum cukup untuk memfasilitasi pemerolehan pemahaman bagi peserta didik. Sehingga diperlukan Pengembangan Media E-Modul Pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis yang layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Model yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah model R&D. metode pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen wawancara dan angket. Berdasarkan hasil analisis data, hasil uji kelayakan media modul pada ahli materi dapat dikategorikan baik. Ahli media didapatkan hasil yang baik. Sedangkan untuk uji coba perorangan mendapatkan 88,6%, uji coba kelompok kecil 87,7%, dan uji coba kelompok besar sebesar 88,3%. Dapat disimpulkan bahwa media E-Modul Pada Materi Membuat Vektor Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis ini dikatakan layak untuk digunakan pada proses pembelajaran.

Selanjutnya untuk mengetahui keefektifan media menggunkan uji-t dengan d. b= N-1 = 30-1 = 29 (dikonsultasikan dengan tabel nilai t) dengan nilai t 0,05 harga t = 1,69 dimana pada pengembangan ini menghasilkan t hitung lebih besar dari pada t tabel 9,02> 1,69, dengan demikian menunjukan bahwa media E-Modul ini sangat efektif apabila digunakan dalam kegiatan pembelajaran Dasar Desain Grafis Materi Pengenalan tools pada CorelDraw.

Kata kunci : Media, E-Modul, Pengenalan tools pada CorelDraw, Vektor.
Published
2019-01-08
Abstract Views: 125
PDF Downloads: 255