Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Materi Mengkomunikasikan Gagasan untuk Siswa Kelas X TKJ 1 SMK PGRI 13 Surabaya

  • AKHMAD YANUAR

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan serta mengetahui keefetifitasan penggunaan media video pembelajaran untuk mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital materi Mengkomunikasikan gagasan untuk siswa kelas X TKJ SMK PGRI 13 Surabaya. Pengembangan ini menggunakan model R&D Brog and Gall dengan 10 langkah yakni: 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Ujicoba Produk, 7) Revisi Produk, 8) Ujicoba Pemakaian, 9) Revisi Produk, 10) Produksi Masal. Materi Mengkomunikasikan gagasan akan sangat menarik perhatian siswa jika digunakan dalam pembelajaran di dalam kelas yang terdiri dari 30 siswa.Jenis data dalam penelitian ini ada dua yaitu kualitatif dan kuantitatif, data kualitatif yaitu data dari ahli materi yang mendapatkan persentase 87.5% yang termasuk dalam kategori sangat baik, dan ahli media mendapatkan persentase 87,5% yang termasuk dalam kategori sangat baik, uji coba perorangan 92,5% dengan kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil 96,25% dengan kategori sangat baik, uji coba kelompok besar dengan persentase 85,4% dengan kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran untuk mata pelajaran Simulasi dan komunikasi Digital Materi Mengkomunikasikan Gagasan untuk siswa kelas X TKJ SMK PGRI 13 Surabaya dinyatakan telah layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.Sealnjutnya untuk mengetahui hasil keefektifan media video pembelajaran, pengembangan menggunakan uji-t dengan taraf kesalahan 5% (0,05), maka nilai t0,05 harga t = 1,996 dan hasil t hitung adalah 2,284. Dapat disimpulkan t hitung lebih besar dari t tabel (2,284 > 1,996) dengan demikian terbukti bahwa pengembangan media video pembelajaran untuk mata pelajaran telah efektif dengan media pembelajaran dan berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar.

Kata kunci : Pengembangan, Media, Video, Video Pembelajaran, Simulasi dan Komunikasi Digital, Materi Mengkomunikasikan Gagasan

Abstract

This study aims to produce, determine the feasibility and to know the influence of the use of learning video media for the subjects of digital simulation and communication subject matter of communication ideas in grade X High school of PGRI 13 Surabaya. This development uses the Borg and Gall R & D model with 10 steps: 1) Potentials and Problems, 2) Data Collection, 3) Product Design, 4) Design Validation, 5) Design Revision, 6) Product Testing, 7) Product Revision, 8 ) Usage, 9) Product Revision, 10) Mass Production.Types of data in this research are two, qualitative and quantitative, qualitative data is data from material experts who get the percentage of 87.5% which is included in the category is very good, and media experts get 87.5% percentage included in the category is very good, individual testing 92,5% with very good category, small group trial 96,25% with very good category, large group trial with 85,4% percentage with very good category. It can be concluded that the learning video media for the subjects class X of the subject matter at High school of PGRI 13 Surabaya declared has been feasible for use in the learning process.Furthermore, the developer uses the t-test with a 5% error rate (0.05), then the value t0,05 price of t = 1,996 and t count is 2,284. It can be concluded that t count is bigger than t table (2,284> 1,996) thus it is proven that the development of learning video media for digital simulation and communication of class X on High School of PGRI 13 Surabaya has been effectively used as a learning media because it influences the improvement of learning outcomes.

Keywords: Development, Media, Video, Learning Video, Simulation Digital






Published
2019-01-18
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 30