PENGEMBANGAN MODUL MATERI DESCRIPTIVE TEXT PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS X DI SMAN 1 DAWARBLANDONG MOJOKERTO

  • RIO CAHYA PRATAMA

Abstract

Abstrak : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah media modul yang sesuai dengan kebutuhan serta telah memenuhi uji kelayakan dan uji keefektifan. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap yaitu Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation. Pengujian produk dilakukan di SMAN 1 Dawarblandong Mojokerto pada siswa kelas X. Data-Data penelitian yang diperoleh dengan menggunakan instrumen wawancara dan angket digunakan untuk mengetahui kelayakan media dan instrumen tes digunakan untuk mengetahui keefektifan media. Hasil analisis data dari hasil uji kelayakan media modul pada ahli materi didapatkan hasil yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji kelayakan pada ahli media juga mendapatkan hasil yang termasuk dalam kategori sangat baik. Untuk hasil Uji coba perorangan, kelompok kecil dan kelompok besar termasuk dalam kategori sangat baik dimana hasil yang didapat masuk dalam prosentase antara 81-100% (sangat baik). Dapat disimpulkan bahwa media modul dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Sedangkan untuk mengetahui keefektifan media, pengembang menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5%, nilai d.b= 31 – 1 = 30, kemudian diperoleh ttabel: 1,70 Dengan demikian thitung lebih besar dari ttabel yaitu 25,66 > 1,70. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa penggunaan media modul materi descriptive text dalam pembelajaran bahasa inggris dapat memberikan pengaruh yang signifikan sehingga dinyatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci : pengembangan, modul, model ADDIE, descriptive text, bahasa inggris.

Abstract : This research goal is to produce a module that already through both appropriateness test and effectiveness test. This research type is research and development type that use ADDIE development model consisting of Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation phases. The product examination has been done in Dawarblandong 1 State High School’s first grade students. The informations data which collected by the interview and questionnaire instruments is used to determine media appropriateness and the test instrument is used to determine the media effectiveness. The result of media appropriateness test on a subject which is english learning expert obtained very good result. As well as the media appropriateness test on a subject which is media expert, obtained very good result too. The analysis result of individual test, small group test and large batch test obtained very good result which the result is included in percentage betwen 81-100% (very good). From the appropriateness test results can be concluded that the media is proper to be used in learning process. To determine media effectiveness, researcher uses T-test with 5% significant level, d.b value = 31 – 1 = 30, then determined ttable: 1,70 so tcount>ttable wich is 25,66 > 1,70. From that result can be concluded that the use of descriptive text module in english lesson could give a significant impact so that it can be stated as effective to increase the students learning outcomes.

Key Words : module, development, ADDIE model, descriptive text, english lesson

Published
2019-01-24
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 380