PENGEMBANGAN MODUL CETAK PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITALMATERI KOMUNIKASI DALAM JARINGAN (DARING ONLINE) UNTUK SISWA KELAS XSMK SITI AMINAH SURABAYA

  • YONIS BARANGAN

Abstract

ABSTRAK

Berdasarkan studi awal dan observasi yang di lakukan peneliti di SMK SITI AMINAH SURABAYA pada tanggal 20 juli 2017 di peroleh informasi bahwa terdapat permasalahan yaitu belum tercapainya tujuan pembelajaran pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Materi Komunikasi Dalam Jaringan. Hal ini di ketahui ada 60% dari 30 siswa mendapatkan nilai di bawah KKM.

Berdasarkan permasalahan yang ada maka media yang sesuai untuk digunakan adalah media modul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatasi masalah belajar yang di hadapi oleh siswa dalam mata pelajaran simulasi digital.

Model yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah model R&D (research & development). Subjek dan lokasi penelitian adalah siswa kelas X SMK Siti Aminah Surabaya dengan jumlah 30 siswa dengan 3 siswa untuk uji perseorangan dan 6 siswa untuk coba kelompok kecil dan 21 siswa untuk uji coba kelompok besar dengan seluruh siswa kelas 30 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah instrument wawancara dan angket.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Data yang diperoleh dari kedua ahli materi, memperoleh presentase nilai sebanyak 88,88%. Data yang diperoleh dari kedua ahli media, memperoleh presentase nilai sebanyak 90,00%. Data yang diperoleh dari ahli RPP mendapat presentase nilai sebanyak 85%. Pada uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba pemakaian bahwa dari semua aspek angket mendapatkan presentase nilai masing-masing sebanyak 91,66%, 95,13%, dan 98,33%.

Selanjutnya untuk mengetahui keefektifan media menggunakan uji-t dengan d.b = N-1 =34-1 =33 (Dikonsultasikan dengan tabel nilai t) dengan nilai t0,05 harga t = 2,032 dimana pada pengembangan ini menghasilkan t hitung lebih besar daripada t tabel 15,08 > 2,032, dengan demikian menunjukkan bahwa media modul ini sangat efektif apabila digunakan dalam kegiatan pembelajaran Simulasi Digital materi Komunikasi Dalam Jaringan

Kata Kunci : Modul, Komunikasi Dalam Jaringan, Simulasi Digital

ABSTRACT

Based on preliminary studies and observations conducted by researchers at VOCATIONAL HIGH SCHOOLSITI AMINAH SURABAYA on July 20, 2017, information was obtained that there were problems, namely the lack of learning objectives in the Subject of Digital Simulation of Communication Materials in the Network. It is known that there are 60% of 30 students getting scores under the MINIMUM REVIEW CRITERIA Based on the existing problems, the appropriate media to use is the media module. The purpose of this study is to overcome the learning problems faced by students in digital simulation subjects. The model used in the development of this media is the R & D (research & development) model. The subject and location of the study were class X students of VOCATIONAL HIGH SCHOOLSitiAminah Surabaya with 30 students with 3 students for individual tests and 6 students to try small groups and 21 students for large group trials with all 30 grade students. Data collection methods that are used are instruments and questionnaires. The results showed that the data obtained from the two material experts obtained a percentage value of 88.88%. Data obtained from both media experts obtained a percentage value of 90.00%. Data obtained from the RPP expert gets a percentage of the value of 85%. In individual trials, small group trials and usage trials that from all aspects of the questionnaire get a percentage value of 91.66%, 95.13% and 98.33% respectively. Next to find out the effectiveness of the media using the t-test with db = N-1 = 34-1 = 33 (Consulted with a table of t values) with a value of t 0.05, price t = 2.032 where in this development t count is greater than t table 15.08> 2.032, thus indicating that this media module is very effective when used in Digital Simulation learning material in Communication Networks Keywords: Modules, Communication in Networks, Digital Simulation
Published
2019-04-23
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 31