PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI MATERI POKOK DATA AWAL PERUSAHAAN DAGANG KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI DI SMKN 1 JATIREJO MOJOKERTO

  • FITRIANA WAHYU SANTOSO

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang terjadi di SMKN 1 Jatirejo Mojokerto yang merupakan hasil dari observasi awal oleh peneliti ialah kurangnya pemahaman siswa jurusan akuntansi mengenai materi data awal perusahaan dagang. Hal tersebut dibuktikan melalui rekap nilai siswa tahun sebelumnya dengan rata-rata kurang dari 78, yaitu dibawah standar yang ditetapkan oleh SMKN 1 Jatirejo Mojokerto. Dikarenakan keterbatasan media pembelajaran yang tersedia di SMKN 1 Jatirejo Mojokerto serta karakteristik materi data awal perusahaan dagang yang bersifat prosedural tersebut mengakibatkan siswa belum mendapatkan hasil yang maksimal dalam pembelajaran. Berdasarkan analisis kebutuhan mengenai masalah dan potensi yang dilakukan oleh peneliti, maka dibutuhkan pengembangan media E-modul berbasis android pada materi data awal perusahaan. E-modul berbasis android adalah media pembelajaran yang berorientasi pada pembelajaran yang dapat dilakukan secara mandiri oleh siswa dengan memanfaatkan teknologi Smartphone android sebagai sarana pengoperasiannya.

Tujuan dari pengembangan media E-modul berbasis android adalah untuk menghasilkan produk E-modul berbasis android untuk mata pelajaran komputer akuntansi materi pokok data awal perusahaan dagang serta untuk mengetahui kelayakan serta keefektifan dari media E-modul terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer akuntansi. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan R&D oleh Sugiyono dengan subjek uji coba kelas XI jurusan akuntansi SMKN 1 Jatirejo Mojokerto. Data dikumpulkan melalui instrumen kelayakan rencana pelaksanaan pembelajaran, instrumen kelayakan materi, intrumen kelayakan media, instrumen kelayakan bahan penyerta media, validitas dan reliabilitas butir soal, homogenitas serta normalitas. Adapun proses hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan rasio siswa hasil sebelum dan sesudah menggunakan media E-modul berbasis android dan perbandingan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.

Jenis data kualitatif dan kuantitatif, analisis data yang digunakan untuk memproses hasil uji kelayakan menggunakan skala penilaian Linkert, untuk uji kelayakan rencana pelaksanaan pembelajaran (80%) menunjukkan kategori layak. Untuk uji kelayakan materi data awal perusahaan dagang (76%) menunjukkan kategori layak. Uji kelayakan media E-modul berbasis android (83%) menunjukkan kategori sangat layak. Uji kelayakan bahan penyerta media (90%) menunjukkan kategori sangat layak. Media E-modul berbasis android dinyatakan efektif berdasarkan perbandingan post-test antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen yaitu rata-rata kelas kontrol sebesar 10,12 sedangkan rata-rata kelas eksperimen sebesar 21,48.

Kata kunci: Pengembangan, E-modul berbasis android, hasil belajar

Published
2019-05-08
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 141