PENGEMBANGAN MEDIA TIGA DIMENSI JARING-JARING KUBUS DAN BALOK MATERI JARING-JARING KUBUS DAN BALOK PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK TUNANETRA KELAS VIII DI SMPLB-A YPAB SURABAYA

  • IKA FITRIYAH TYASTUTI

Abstract

ABSTRAK

Berdasarkan Studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti dengan guru mata pelajaran matematika kelas VIII di SMPLB-A YPAB Surabaya. tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media tiga dimensi jaring-jaring kubus dan balok yang layak dan efektif untuk peserta didik kelas VIII di SMPLB-A YPAB Surabaya. model pengembangan yang digunakan adalah model R & D menurut borg and Gall (Sugiono, 2014:289). Jenis data yang digunakan dalam pengumpulan data adalah data kualitatif dan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah berupa wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil validasi RPP oleh ahli desain pembelajaran 96%, hasil validasi materi oleh ahli materi I 89,8%, validasi materi oleh ahli materi II sebanyak 96%, validasi media oleh ahli media I berjumlah 91,67%, validasi media oleh ahi media II berjumlah 92%, validasi bahan penyerta oleh ahli materi I berjumlah 87,5%, validasi bahan penyerta oleh ahli materi II berjumlah 93%, validasi bahan penyerta oleh ahli media I berjumlah 88,63%, validasi bahan penyerta oleh ahli media II berjumlah 90,90%. berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media tiga dimensi jaring-jaring kubus dan balok dikategorikan sangat baik dan layak digunakan. hasil pre-test diperoleh rata-rata 43,3, sedangkan nilai post-test diperoleh nilai rata-rata 85. selain itu, hasil penelitian juga menujukkan bahwa Zhitung = 2,20 lebih besar dari Ztabel = 1,96 dengan nilai krisis 5% dengan n= 6, berarti Zhitung = 2,20> Ztabel 1,96. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media tiga dimensi jaring-jaring kubus dan balok efektif untuk meningkatkan kemampuan anak tunanetra dalam memahami materi jaring-jaring kubus dan balok.

Kata Kunci : Media Tiga dimensi, Jaring-jaring kubus dan balok, Peserta didik tunanetra

ABSTRACT

Based on preliminary studies conducted by researchers with grade VIII mathematics subject teachers at YPAB Surabaya SMPLB-A. The purpose of this study is to produce three-dimensional media of cube and beam networks that are appropriate and effective for class VIII students at YPAB Surabaya SMPLB-A. the development model used is the R & D model according to Borg and Gall (Sugiono, 2014: 289). The type of data used in data collection is qualitative and quantitative data. The method used is in the form of interviews, observation, documentation, and tests. The results of the lesson plan validation by learning design experts 96%, the results of material validation by material experts I 89.8%, material validation by material experts II as much as 96%, media validation by media experts I amounted to 91.67%, media validation by ahi media II amounting to 92%, the validation of the accompanying material by material experts I amounted to 87.5%, validation of the accompanying material by material experts II amounted to 93%, validation of the accompanying material by media experts I amounted to 88.63%, validation of the accompanying material by media experts II amounted to 90 , 90%. based on these results, it can be concluded that the three-dimensional media of cube and beam nets are categorized as very good and feasible to use. the pre-test results obtained an average of 43.3, while the post-test values ​​obtained an average value of 85. in addition, the results of the study also showed that Zhitung = 2.20 greater than Ztable = 1.96 with a crisis value of 5% with n = 6, means Zhitung = 2.20> Ztable 1.96. Then it can be concluded that the use of three-dimensional media of cube and beam networks is effective to increase the ability of blind children to understand the material of webs of cubes and beams.

Keywords : Three-dimensional Media, Cube and beam nets, Blind learners

Published
2019-05-13
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 62