PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) MATERI POKOK PENGARUH TEKTONISME TERHADAP KEHIDUPAN MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X IPS DI SMA WACHID HASYIM 2 TAMAN SIDOARJO

  • AFIFATUL SETYORINI

Abstract

ABSTRAK

Dari permasalahan yang telah ditemukan yaitu 1). Dalam menjelaskan materi pendidik hanya menggunakan buku paket sebagai media pembelajaran, 2). Pendidik menyampaikan materi kepada peserta didik hanya secara verbal, 3). Selain itu, dengan menggunakan buku paket sebagai media peserta didik mengalami kendala sebab pada peserta didik jurusan IPS kelas X kurang nya minat terhadap membaca materi yang ada di buku paket, 4). Terdapat nilai peserta didik yang masih belum mencapai KBM pada beberapa materi. Salah satunya pada materi Pengaruh Tektonisme Terhadap Kehidupan yang sangat memprihatinkan dari 34 siswa hanya 5 siswa yang mengalami ketuntasan belajar sedangkan ketuntasan minimal yang ada disekolah tersebut khususnya mata pelajaran Geografi kelas X yaitu 70. Sesuai dengan analisis kebutuhan dan karakteristik peserta didik serta lingkungan pembelajaran maka dilakukan pengembangan media CAI (Computer Assisted Instruction) pada materi Pengaruh Tektonisme Terhadap Kehidupan mata pelajaran Geografi Kelas X IPS di SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo.

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengembangkan media CAI yang layak dan efektif pada materi pengaruh tektonisme terhadap kehidupan. Model pengembangan yang digunakan ialah model pengembangan ADDIE. Untuk mengetahui kelayakan sebuah media dilakukan validasi kepada ahli materi dan media dengan menggunakan instrumen wawancara terstruktur serta melakukan uji coba perorangan & kelompok kecil dengan menggunakan angket. Sedangkan untuk mengetahui keefektifan sebuah media dengan melakukan uji coba kelompok besar kepada peserta didik menggunakan instrumen tes.

Data yang diperoleh berupa data kuantitatif yang diperoleh dari hasil wawancara terstruktur, angket dan tes. Jenis penelitian ini quasi eksperimen dengan pretest – postest one grup design. Hasil analisis validasi ahli materi I & II diperoleh presentase 96,4% , ahli media dengan presentase 91,7%, uji coba perorangan 88,9%, uji coba kelompok kecil 84,3% serta uji coba kelompok besar 91%. Berdasarkan hasil presentase tersebut termasuk kriteria sangat baik sehingga media CAI materi Pengaruh Tektonisme Terhadap Kehidupan dinyatakan layak.

Sedangkan hasil uji t dengan melakukan pre test dan post test diperoleh hasil sebesar 19,74 yang kemudian dicocokkan dengan 𝑡 𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 dengan taraf signifikan 5% dan db=34-1, sehingga diperoleh 𝑡 𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 sebesar 1,692. Sehingga 𝑡 ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 lebih besar dari 𝑡 𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu 19,74 > 1,692. Maka penggunaan media CAI dapat dikatakan sudah efektif.

Kata kunci : Media, Computer Assisted Instruction (CAI), Pengaruh Tektonisme Terhadap Kehidupan

Published
2019-05-16
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 83