Pengembangan Media Video Materi Karakteristik Unsur-unsur Drama Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Bagi Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surabaya

  • IDA AMBARWATI

Abstract

Penelitian ini mengenai pengembangan media video pembelajaran materi karakteristik unsur-unsur drama pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan media belajar siswa dalam memahami materi yang dikemas secara lebih interaktif dan mudah dipahami oleh siswa menggunakan media video. Pengembangan dilakukan menggunakan model pengembangan ADDIE, (analysis, design, development, implementation and evaluation). Analysis dilakukan dengan meninjau kelapangan mengenai karakteristik dan potensi siswa kemudian design produk media video dilakukan untuk dilanjutkan pada tahap development dimana produk dilakukan uji validitas untuk bisa dilanjutkan pada tahap implementation pada objek penelitian evaluation dilkasanakan pada tiap tahap dan akhir pelaksanan penerapan media video pembelajaran yang telah diproduksi. Produk penelitian ini berupa video pembelajaran yang dikonsep dengan penyajian drama pendek untuk selanjutnya dilakukan analisis. Analisis berlandaskan pada materi yang disajikan secara bersamaan. Kelayakan dan keefektifan media video pembelajaran yang disajikan diukur dari hasil nilai belajar siswa pre-test 66 dan pot-test 83.. Dari hasil perbandingan nilai sebelum dan sesudah siswa diberikan media ini menunjukkan bahwa media video pembelajaram efektif karena mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan hasil tersebut maka pengembanagn media video pembelajaran materi karakteristik unsur-unsur drama pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surabaya layak dan efektif untuk digunakan.

Kata kunci: Pengembangan media video, Karakteristik unsur-unsur Drama
Published
2019-05-16
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 561