PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL PADA MATA PELAJARAN ANIMASI 2D DAN 3D MATERI TEKNIK PEMBUATAN KARAKTER SEDERHANA MENGGUNAKAN APLIKASI 2D KELAS XI MULTIMEDIA DI SMKN 1 JATIREJO MOJOKERTO

  • UMI ASSYA HIDAH

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan awal yang dilakukan oleh peneliti di kelas XI Multimedia SMKN 1 Jatirejo Mojokerto ditemukan permasalahan pada proses belajar mengajar pada mata pelajaran Animasi 2D dan 3D materi pokok teknik pembuatan karakter sederhana menggunakan aplikasi 2D. Pada proses pembelajaran guru menggunakan metode ceramah dan demonstrasi, karena materi yang rumit sehingga peserta didik kurang mampu mengingat dan memahami materi yang dijelaskan. Berdasarkan hal tersebut, diperlukannya media video tutorial untuk materi teknik pembuatan karakter sederhana menggunakan aplikasi 2D agar materi yang disampaikan lebih mudah dipahami setelah siswa menonton video tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media video tutorial yang layak dan efektif untuk peserta didik kelas XI Multimedia di SMKN 1 Jatirejo Mojokerto. Model pengembangan yang digunakan adalah model R&D oleh Borg & Gall. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Metode dalam mengumpulkan data menggunakan metode observasi dan tes, Teknik analisis data dalam penelitian ini mennggunakan Uji T.

Hasil validasi materi oleh ahli materi sebesar 90%, hasil validasi media oleh ahli media sebesar 89%. Pada uji coba perorangan mendapatkan hasil sebesar 93%, pada uji coba kelompok kecil mendapatkan hasil sebesar 88%, dan pada uji coba kelompok besar mendapatkan hasil sebesar 84%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media video tutorial teknik pembuatan karakter sederhana menggunakan aplikasi 2D dikategorikan sangat baik dan layak digunakan. Untuk uji efektifitas mendapatkan hasil T table dengan taraf signifikasi 5% Db = 58=2,000. Dan dari perhitungan T hitung mendapatkan hasil 2,055. maka T hitung lebih besar dari T table yaitu 2,055 > 2,000 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil post test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video tutorial teknik pembuatan karakter sederhana menggunakan aplikasi 2D efektif untuk pembelajaran.

Published
2019-05-17
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 26