PENGEMBANGAN MEDIA CAI (COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION) PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ANIMASI 2 DIMENSI DAN 3 DIMENSI MATERI POKOK KONSEP DASAR OBYEK 3 DIMENSI DALAM SKETSA RANCANGAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 1 JOMBANG.

  • RISTIYA KURNIAWATY

Abstract

ABSTRAK

CAI (Computer Assisted Instruction) adalah media pembelajaran yang berbasis komputer. Pada penelitian ini memiliki tujuan yaitu menghasilkan pengembangan media CAI pada mata pelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi materi pokok Konsep Dasar Obyek 3 Dimensi dalam Sketsa Rancangan untuk Peserta Didik Kelas XI Multimedia di SMK Negeri 1 Jombang.

Model pengembangan yang digunakan peneliti yaitu Model pengembangannR&Db(Research and Development) oleh BorggandfGall. Kegiatan uji coba media ini dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu tahap uji coba kepada ahlifmateri, ahlifmedia, uji coba perorangan, uji cobankelompok kecil, dan uji cobankelompok besar. Untuk instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan tes.

Hasil dari uji kelayakan yang dilakukan dengan ahlimmateri mendapat persentase sebesar 92,86%, uji kelayakan dengan ahli media mendapat persentase sebesar 100%, uji coba perorangan 96,29%, uji coba kelompok kecil 95,37%, dan uji coba kelompok besar 93,12%. Untuk uji efektifitas media menggunakan desain penelitian Pre-experimental Design jenis One Group Pretest-Posttest, dan hasil dari tes yang dilakukan terbukti hasil rata-rata pretest 70,33. Berdasarkan pengujian menggunakan taraf signifikan 5% db = 30-1 = 29, maka diperoleh ttabel = 1,69 dan hasil thitung = 34,37. Jadi thitung lebih besar dari ttabel yaitu 34,37 > 1,69. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media CAI yang dikembangkan efektif untuk pembelajaran.

Kata Kunci : Pengembangan Media CAI (Computer Assisted Instruction)

ABSTRACT

CAI (Computer Assisted Instruction) is a computer-based learning media. The purpose of this study was to produce CAI media development on 2 Dimensional Animation Engineering subjects and 3 subject matter dimensions Basic Concepts of 3 Dimensional Objects in Design Sketches for Multimedia Class XI Students at SMK Negeri 1 Jombang.

The development model used by researchers was the R&D development model (Research and Development) by Borg and Gall. The media trial activity was carried out in several stages, namely the testing phase for material experts, media experts, individual trials, small group trials, and large group trials. The instruments of data collection used interviews, questionnaires, and tests.

The results of the feasibility tests conducted with material experts got a percentage of 92.86%, feasibility tests with media experts got a percentage of 100%, individual trials 96.29%, small group trials 95.37%, and large group trials 93.12%. To test the effectiveness of the media, using the Pre-experimental Design research with One Group Pretest-Posttest, and the results of the tests proved that the average of pretest results were 70.33. Based on testing using a significant level of 5% db = 30-1 = 29, then obtained t table = 1.69 and the results of t count = 34.37. So, t count is greater than t table which is 34.37> 1.69. Therefore, it can be concluded that the use of CAI (Computer Assisted Instruction) media that is developed is effective for learning.

Keywords: CAI (Computer Assisted Instruction) media development.

Published
2019-05-20
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 16