PENGARUH PENENRAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST MATERI AMAR MAKRUF NAHI MUNKAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS XII IPA DI MAN 1

  • IDA ROSYIDAH

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya nilai UTS Al-Qur’an Hadist materi amar makruf nahi munkar. Demikian pula penggunaan model pembelajaran yang kurang efektif yang dipergunakan guru dalam pembelajaran yakni dengan metode bernyanyi. Tujuan penelitian ini adalah Untuk membuktikan pengaruh penerapan model pembelajaran tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist materi Amar Makruf Nahi Munkar kelas XII IPA di MAN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen perlakuan, perlakuan dalam penelitian ini adalah model pembelajan kooperatif tipe Teams Games Tournament. Desain eksperimen yang digunakan adalah True Experimental Design dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Metode pengumpulan data yang diguanakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament pada kelas eksperimen dari hasil observasi terhadap guru dapat dilihat rata-rata dari kedua observer menunjukkan 95,45% dan dari hasil observasi terhadap siswa dapat dilihat rata-rata dari kedua observer menunjukkan 97,7% keduanya menunjukkan kriteria sangat baik. 2) Penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist materi amar makruf nahi munkar untuk meningkatkan hasil belajar kelas XII IPA MAN 1 Tulungagung mengalami peningkatan yang signifikan.

Kata kunci : Penerapan, Teams Games Tournament, Hasil Belajar.

Abstract

The research was based on the low value of Al-Qur’an Hadist material amar makruf nahi munkar. As well the use of a less effective learning model that is used by teachers in learning that is by the singing method. The purpose of this research is to prove the effect of the implementation Cooperative Learning Model Tip Team Games (TGT) In Al-Quran Subjects Hadiths of the material for the understanding of religion to improve learning outcomes of class XII MAN 1 Tulungagung. This study uses two classes namely the experimental class and the control class. The type of this research is eksperimental treatment research, treatment in the research is cooperative learning model of Teams Games Tournament type. Experiment design uses True Experimental Design with Pretest-Posttest Control Group Design.. Data collection methods used are observe and tests. The results showed that: 1) The application of the cooperative learning model of the Teams Games Tournament type in the experimental class from the observations of the teachers can be seen as the average of the two observers showing 95.45% and results of observations on students, it can be seen that the average of the two observers shows that 97.7% all two indicate the criteria very well. 2) application of Teams Games Tournament learning model on Al-subjects The Quran Hadiths of the material of the illiteracy law to improve learning outcomes of class XII Science MAN 1 Tulungagung experienced a significant increase.

Keywords: The Implementation, Teams Games Tournament, Learning Outcomes.





Published
2019-05-20
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 161