Pengaruh Pemanfaatan Edmodo Pada Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Multimedia Pada Mata Pelajaran Simulasi Dan Komunikasi Digital Di SMK Negeri 1 Jabon

  • WINDIYA DWI ANGGRAINI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan Edmodo pada pembelajaran E-Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas X Multimedia pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di SMK Negeri 1 Jabon.

Metode penelitian ini bersifat kuantitatif. Pengumpulan data ini menggunakan dengan cara teknik observasi dan tes. Teknik observasi yang digunakan untuk memperoleh data tentang aktifitas guru dan peserta didik dalam pemanfaatan Edmodo. Tes digunakan untuk memperoleh data yang kuantitiatif tentang perangkat lunak pengolah angka pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktifitas guru dan peserta didik dalam pemanfaatan Edmodo pada pembelajaran E-Learning pada subjek penelitian masing-masing 95% dan 92%. Dari hasil perhitungan uji t untuk peserta meteri perangkat lunak pengolah angka pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital pada subjek penelitian yang diperoleh sebesar 2,253. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan Edmodo pada pembelajaran E-Learning pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital dapat meningkatkan hasil belajar peserta didk.

Dapat disimpulkan bahwa hipotesisi penelitian ini berpengaruh terhadap hasil besar peserta didik kelas X Multimedia pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di SMK Negeri 1 Jabon. Hipotesis diterima bahwa Edmodo pada pembelajaran E-Learning dapat berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Kata Kunci: Edmodo, E-Learning, Microblogging, SIMDIG

Published
2019-05-20
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 16