PENGEMBANGAN MEDIA CAI ( COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION) MATERI TEORI KINETIK GAS UNTUK MATA PELAJARAN FISIKA KELAS XI DI SMAN 1 PRAMBON NGANJUK

  • VERONICA DESTIANA ELYSABETH

Abstract

Abstrak

.

Berdasarkan RPP yang disusun, maka kondisi ideal yang seharusnya dapat dicapai siswa sesuai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan adalah (1) Siswa dapat memahami materi Teori Kinetik Gas pada mata pelajaran Fisika yang disampaikan oleh guru (2) Siswa dapat menerapkan dengan baik konsep Teori Kinetik Gas dalam menyelesaikan persoalan mengenai persamaan gas ideal. Sedangkan kondisi riil yang ada adalah (1) Siswa tidak dapat menyelesaikan persoalan mengenai persamaan gas dengan konsep Teori Kinetik Gas karena karakteristik materi yang sulit untuk dipahami dengan banyaknya hukum, rumus serta konsep abstrak didalamanya. (2) Guru dalam penyampaian materi di kelas hanya menggunakan cara konvensional saja sehingga siswa dianggap kurang memahami materi yang disampaikan secara maksimal. (3) Penyampaian materi memakan waktu lama karena guru hanya menggunakan buku paket dan papan tulis saja. Maka diperlukan pengembangan media CAI mata pelajaran fisika materi Teori Kinetik Gas.

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kelayakan media CAI Fisika yang dikembangkan. (2) Mengetahui keefektifan media CAI Fisika dalam pembelajaran.Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah ADDIE ( analyze, design, development, implementation, evaluation ).Metode pengumpulan data menggunakan wawancara untuk ahli dan angket untuk siswa pada uji coba produk untuk mengetahui kelayakan media serta menggunakan pre test dan post test untuk mengetahui keefektifan media yang dihitung menggunakan rumus uji t. Berdasarkan hasil analisis yang didapatkan melalui serangkaian proses validasi materi dan media serta uji coba pada siswa mendapatkan kategori kualifikasi sangat baik dengan melewati tahap revisi supaya media dinyatakan layak untuk dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Perhitungan menggunakan rumus uji t menghasilkan nilai t hitung > t tabel (14,21 > 2,039 ) sehingga dapat dinyatakan bahwa media CAI Teori Kinetik Gas ini dapat dipergunakan dalam pembelajaran karena dinilai efektif untuk digunakan dalam mata pelajaran fisika materi Teori Kinetik Gas di SMAN 1 Prambon Nganjuk.

Kata kunci : Pengembangan, CAI, Fisika

Abstract

Based on the RPP that has been arranged, the ideal condition that must be achieved by students according to the learning objectives that have been determined are (1) Students can understand the material of the kinetic theory of gas on physics subjects delivered by the teacher (2) Students can apply the concept of Kinetic Gas Theory well in solving problems regarding ideal gas equations. While the real conditions are (1) Students cannot solve the problem of gas equations with the concept of the Kinetic Gas Theory because the characteristics of the material are difficult to understand with the many laws, formulas and abstract concepts in it. (2) Teachers only use conventional methods in delivering materials so that students are considered less understand with the material delivered maximally. (3) The material delivery takes a long time because the teacher only uses textbooks and blackboards. So that the development of CAI media in physic subject especially Kinetic Gases theory is needed.

The purposes of this study are (1) To determine the feasibility of CAI Physics media which is developed and (2) To know the effectiveness of CAI Physics media in learning. The development model used in this study is ADDIE (Analyse, Design, Development, Implementation, Evaluation) The data collection method uses interviews for experts and questionnaires for students in product trials to determine the feasibility of the media and also uses the pre-test and post-test to determine the effectiveness of the media calculated using t test formula. Based on the results of the analysis obtained through a series of material and media validation processes and trials on students, it gets a very good qualification category by passing the revision stage so that the media is declared feasible to be used in learning activities. The calculations using the t-test formula produce t count> t table (14.21> 2,039) so that it can be stated that the CAI media of Gas Kinetic Theory can be used in learning because it is considered effective to improve student learning outcomes in physics subjects especially Kinetic GasTheory at SMAN 1 Prambon, Nganjuk.

Keywords : Development, CAI, Physics

Published
2019-05-20
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 64