PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL MATERI POSISI KAMERA DALAM MATA PELAJARAN ANIMASI 2D DAN 3D BAGI SISWA KELAS XI JURUSAN MULTIMEDIA DI SMKN 2 BUDURAN SIDOARJO

  • ANGGIH RETNO BEKTI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media video tutorial bagi siswa kelas XI Jurusan Multimedia di SMKN 2 Buduran untuk mengatasi masalah belajar pada mata pelajaran animasi 3 dimensi materi posisi kamera. Media ini digunakan untuk mengatasi rumitnya tahapan dalam pemasangan kamera dan karena media video mampu menyajikan materi visual, gerak dan procedural.

Metode yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan model R & D (Research and Development) oleh Borg and Gall. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahap yaitu potensi dan masalah yang dilakukan dengan observasi, selanjutnya pengumpulan data, desain produk, validasi desain yang dilakukan bersama 2 ahli materi dan ahli media, revisi desain, uji coba produk yang dilakukan dengan mengujikan media pada kelompok perorangan dan kelompok kecil. Tahap selanjutnya yaitu revisi produk, lalu uji coba pemakaian yang dilakukan pada siswa berjumlah 21 siswa. Setelah melakukan uji coba pemakaian dilakukan revisi dan produksi masal, namun pada tahap ini tidak dilakukan oleh peneliti.

Hasil penelitian dari data yang diperoleh maka hasil dari uji kelayakan media video tutorial dengan ahli materi memperoleh hasil 100% dan dengan ahli media 97.9%. Pada uji coba perorangan mendapatkan hasil 97.6%, pada uji coba kelompok kecil mendapatkan hasil sebesar 94%, dan pada uji coba kelompok besar mendapatkan hasil sebesar 96,2%. Untuk uji efektifitas mendapatkan hasil T table dengan taraf signifikasi 5% Db = 58=2,000. Dan dari perhitungan T hitung mendapatkan hasil 2,165. Maka T hitung lebih besar dari T table yaitu 2,165 > 2,000 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil post test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video tutorial penerapan kamera pada aplikasi animasi 3 dimensi efektif untuk pembelajaran.

Kata Kunci : Pengembangan, Video Tutorial, Animasi 3 Dimensi

Published
2019-05-20
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 82