Pengembangan Media Audio Pembelajaran Materi Bunyi Huruf, Kata Frasa dan Kalimat Sederhana Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Semester II MI AT-TAUFIQ LAKARSANTRI SURABAYA

  • FIKA RAHMAYANTI

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk media audio pembelajaran yang layak dan efektif untuk digunakan pada materi bunyi huruf, kata frasa dan kalimat sederhana mata pelajaran Bahasa Arab kelas IV MI At-Taufiq Lakarsantri Surabaya. Karakteristik materi yang cocok dan dapat diterapkan dalam media audio pembelajaran digunakan sebagai alternatif pembelajaran sesuai dengan keadaan sarana dan kemampuan guru di MI AT TAUFIQ. Selain itu, pembelajaran menggunakan media audio pembelajaran dapat menimbulkan daya imajinasi peserta didik yang bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi peserta didik dalam proses pembelajaran.Penggunaan media audio pembelajaran materi bunyi huruf, kata frasa dan kalimat sederhana mata pelajaran Bahasa Arab terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV di MI At-Taufiq Lakarsantri Surabaya. Hal ini dibuktikan oleh nilai Pretest dan Posttest yang telah dilakukan oleh peneliti yang menunjukkan rata-rata nilai pretest kognitif 70 dan nilai rata-rata post test kognitif 80. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan nilai peserta didik dalam setiap aspek tes yang dirancang. Dengan rincian hitung diperoleh Reabilitas Rhitung = 0,987 dan Rtabel = 0,361 sehingga Rhitung 0,987 > Rtabel 0,361. Data Normalitas 0,366 > 0,05. Data Homogenitas Fhitung = 6,60 dan Ftabel = 2,70. Sehingga Fhitung 6,60 > Ftabel 2,70. Data dihitung juga dengan menggunakan teknik analisis uji-t dengan taraf signifikan 5% db = 23 kemudian diperoleh Ttabel =2,00. Berdasarkan teknik analisis data, didapatkan Thitung kognitif = 4,076 Sehingga Thitung 4,076 ˃ Ttabel ˃ 2,00.Kata Kunci: Pengembangan, Media Audio Pembelajaran, Kelayakan, Efektif, Bahasa Arab.
ABSTRACTThe This research is aimed to produce an appropriate and effective audio media for learning, in the field of learning the sound of letter, word, phrase, and simple sentence for Arabic (subject) at IV grade of At- Taufiq Islamic School Lakarsantri Surabaya. Material characteristics that are suitable and can be applied in audio learning media are used as alternative learning that is suitable with the conditions and abilities of teachers in MI AT TAUFIQ. In addition, learning using audio learning media can increase the attractiveness of students aimed at increasing the usefulness of students in the learning process.The use of audio media in learning sound of letter, word, phrase, and simple word of Arabic Subject proves the effective learning outcome in MI At-Taufiq Lakarsantri Surabaya’s IV graders. The result of pre-test and post-test represent that pre-test’s average cognitive score is 70 and post-test’ average cognitive score is 80. It shows that there is an increased value of the students (participants) in every designed aspect by the calculated details reliability Rhitung = 0,987 dan Rtabel = 0,361 so that Rhitung 0,987 > Rtabel 0,361. The normality data is 0,366 > 0,05. The homogeneity data is Fhitung = 6,60 dan Ftabel = 2,70. So that Fhitung 6,60 > Ftabel 2,70. T-test is used to calculate the data analysis by the significant 5% db = 23 to get Ttabel =2,00. Based on the data analysis technique, Thitungkognitif = 4,076 so that Thitung4,076˃Ttabel˃ 2,00.Keywords: Media development, Audio media for an appropriate, effective learning of Arabic



Published
2019-05-20
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 35