PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO DENGAN BAHAN PELENGKAP BRAILLE MATERI PANTUN ANAK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDLB-A YPAB SURABAYA

  • FARIDA NISAIN PRIHNAHARIN

Abstract

Dalam proses pembelajaran di SDLB-A YPAB Surabaya, guru menggunakan media yang tersedia berupa buku braille. Namun, para siswa sampai sekarang belum banyak yang memiliki buku braille. Untuk mengatasi hal tersebut dalam kegiatan belajar mengajar, guru hanya merekam proses pembelajaran dalam bentuk audio untuk di ulang kembali ketika di rumah. Merujuk pada teori Anderson tentang 10 kelompok media dan masalah belajar yang ada pada indikator mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SDLB-A YPAB Surabaya maka media yang cocok untuk materi pantun anak adalah media audio, karena media audio bersifat auditif. Pengembangan media audio pembelajaran ini menggunakan model pengembangan R&D menurut Borg and Gall (2003:572). Jenis data yang digunakan yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data dalam pengembangan media audio dengan bahan pelengkap braille ini bertujuan untuk mengukur perbandingan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan media audio pembelajaran dalam proses pembelajaran. Perolehan hasil validasi RPP oleh ahli desain pembelajaran sebesar 100% termasuk dalam kategori sangat baik, hasil validasi materi oleh ahli materi sebesar 100% termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil validasi bahan penyerta braille oleh ahli bahan penyerta braille sebesar 100% termasuk dalam kategori sangat baik, dan hasil validasi media sebesar 70,83% dan 100%. Sedangkan hasil dari pre-test dan post-test yang dianalisis menggunakan sign test diperoleh Zhitung sebesar 2,05. Sedangkan Ztabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0. Sehingga Zhitung > Ztabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga adanya pengaruh yang signifikan dari media audio pembelajaran terhadap kemampuan siswa dalam memahami materi pantun anak siswa tunanetra kelas IV di SDLB-A YPAB Surabaya.

Kata Kunci : Siswa Tunanetra, Pengembangan Media Audio Pembelejaran, Materi Pantun Anak, Hasil Belajar.

Published
2019-05-20
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 61