PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MTS. BINA INSANI SURABAYA

  • RAFINA AYUNING DARMA BAKTI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menerapkan Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas VIII MTS Bina Insani Surabaya. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angka-angka dan analisis statistik, untuk mengolah dan menganalisis data penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent (pre test – post test) Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di MTs. Bina Insani Surabaya dan subjek penelitian ini merupakan siswa kelas VIII. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis observasi dan analisis data tes tulis.

Hasil penelitian diketahui nilai pre-test dan post-test kelompok kontrol tidak mengalami signifikansi yaitu thitung 0,684, sedangkan pada kelompok eksperimen thitung 2,160. Data hasil observasi guru dan hasil observasi siswa jika dikonsultasikan dengan kriteria tergolong baik sekali dalam menerapkan model pembelajaran PBL. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL pada maa pelajaran IPS materi pokok Upaya Pengendalian Penyimpangan Sosial dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs. Bina Insani Surabaya.

Kata kunci : penerapan Problem Based Learning, IPS, hasil belajar
Published
2019-05-21
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 143