PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL MATERI POKOK PRESENTASI VIDEO UNTUK BRANDING DAN MARKETING KELAS X AKUTANSI KEUANGAN DI SMK YAPALIS KRIAN SIDOARJO

  • NAHDIYA FITRIANI

Abstract

Mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital materi pokok presentasi video untuk branding dan marketing mengharuskan peserta didik untuk mampu menjelaskan fungsi dan ciri-ciri presentasi video, mampu menjelaskan pra produksi, mampu menjelaskan produksi dan pasca produksi dan peserta didik mampu membuat video dengan baik. Berdasarkan hasil wawancara kepada pendidik mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital terdapat masalah yaitu belum terdapat media yang tepat untuk peserta didik, masih terdapat 65% peserta didik yang hasil belajarnya masih di bawah Ketuntasan Belajar Minimal yaitu 75. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media Computer Assisted Instruction (CAI) presentasi video untuk branding dan marketing yang layak dan yang efektif digunakan pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital untuk siswa kelas X Jurusan Akutansi Keuangan di SMK Yapalis Krian Sidoarjo.

Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan ADDIE Tutorial. Dalam pengembangan media Computer Assisted Instruction (CAI) ini dilakukan validasi kepada ahli materi dan ahli media. Selain itu juga dilakukan uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji kelompok besar/lapangan. Adapun pengumpulan datanya menggunakan angket dan kemudian dihitung menggunakan rumus deskriptif persentase. Sedangkan hasil belajar peserta didik dihitung menggunakan rumus uji t.

Persentase hasil validasi ahli materi yaitu sebesar 95%. Untuk hasil validasi kepada dua ahli media menghasilkan persentase sebesar 95%. Sedangkan hasil uji coba perorangan yaitu 90%, uji coba kelompok kecil yaitu 95,5%, dan uji coba lapangan sebesar 96%. Hasil uji t pre-test kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan t hitung < t tabel yaitu -0,006844 < 2,00172 maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada pre-test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji t post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan t hitung > t tabel yaitu -2,804 > 2,00172 maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dari post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulannya media Computer Assisted Instruction (CAI) presentasi video untuk branding dan marketing layak dan efektif untuk digunakan.

Kata kunci: pengembangan, media Computer Assisted Instruction (CAI), simulasi dan komunikasi digital, presentasi video untuk branding dan marketing, ADDIE

Published
2019-05-21
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 31