PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO BERBANTUAN MODUL MATERI POKOK TEKS RECOUNT MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS X MULTIMEDIA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA

  • DWI MEYTASARI

Abstract

ABSTRAK

PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO BERBANTUAN MODUL MATERI POKOK TEKS RECOUNT MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS X MULTIMEDIA DI SMK MUHAMMADIYAH 2 SURABAYA

Nama : Dwi Meytasari

NIM : 15010024018

Program Studi : S-1 Teknologi Pendidikan

Jurusan : Kurikulum dan Teknologi Pendidikan

Fakultas : Ilmu Pendidikan

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Drs. H. Lamijan Hadi Susarno.,M.Pd

Tujuan penelitian ini menghasilkan media audio berbantuan modul pembelajaran yang layak dan efektif digunakan pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas X Multimedia di SMK Muhammadiyah 2 Surabaya. Kelayakan media diperoleh berdasarkan hasil angket ahli materi, ahli desain pembelajaran, ahli media, dan beberapa tahap uji coba. Sedangkan untuk menilai keefektifan media didapat dari perbandingan hasil pre-test dan post-test pada uji coba lapangan yang dihitung menggunakan rumus t-test.

Penelitian ini menggunakan tahapan model pengembangan Pustekkom (Bambang Warsita 2008). Model pengembangan ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu 1) tahap perancangan, terdiri dari tahapan analisis kebutuhan, penyusunan GBIM, dan penulisan naskah; 2) tahap produksi, terdiri dari persiapan, pelaksanaan, penyelesaian; dan 3) tahap evaluasi, terdiri dari evaluasi ahli, evaluasi orang per orang, evaluasi kelompok kecil, dan uji coba lapangan.

Hasil uji validasi kelayakan media audio berdasarkan hasil perhitungan angket ahli materi I dan II adalah 100%, ahli media I dan II 98.9%, evaluasi orang per orang 98.61%, evaluasi kelompok kecil 96.13%. Hasil uji validasi kelayakan media modul berdasarkan hasil perhitungan angket ahli materi I dan II adalah 97.7%, ahli media I dan II 99.1%, evaluasi orang per orang 98.00% dan evaluasi kelompok kecil 97.50%. Hasil nilai post-test kelas eksperimen dan kontrol menggunakan uji-t dengan taraf signifikasi 5%, sehingga diperoleh t tabel = 2.002. (1) perolehan audio t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 9.690 > 2.002. (2) perolehan modul t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 4.499 > 2.002, sehingga media audio berbantuan modul materi pokok teks recount mata pelajaran Bahasa Inggris kelas X Multimedia di SMK Muhammadiyah 2 Surabaya yang dikembangkan layak dan efektif digunakan pada pembelajaran.

Kata kunci: audio, modul, teks recount, Bahasa Inggris.



Published
2019-05-23
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 49