PENGEMBANGAN MEDIA AUGMENTED REALITY PADA MATA PELAJARAN FISIKA MATERI ALAT OPTIK KELAS X MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 12 SURABAYA

  • CITRA ARDELIA PRIMA RAHAYU

Abstract

Mata pelajaran fisika materi alat optik berisi tentang konsep dan rumus. Dengan mempelajari materi alat optik siswa mampu menguasi tentang pemantulan, pembiasan, dan mengetahui pembentukan bayangan pada alat optik. Pada kenyataannya masih terdapat banyak siswa yang belum memahaminya. Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang mampu digunakan untuk menyalurkan pesan, yang dapat merangsang perhatian, pemikiran, minat, dan perasaan peserta didik dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan (Kristanto, 2017:10). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan penggunaan media Augmented Reality pada mata pelajaran fisika materi alat optik kelas X Multimedia di SMK Negeri 12 Surabaya. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu model Research and Development (R&D) oleh Sugiono, dengan menerapkan 10 langkah pengembangan dan menghasilkan sebuah produk media berupa media Augmented Reality, dengan subjek uji coba kelas X Multimedia di SMK Negeri 12 Surabaya. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan tes. Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah media Augmented Reality yang telah dikembangkan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran dan setelah dilakukannya validasi oleh ahli media, ahli materi, uji coba perseorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar maka media Augmented Reality dapat dikatakan layak dan efektif diguankan dalam kegiatan pembelajaran.

Kata kunci: Pengembangan, Augmented Reality, Alat Optik

Published
2019-05-24
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 37