PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM MANIPULASI GAMBAR RASTER DENGAN MENGGUNAKAN FITUR EFEK PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS BAGI SISWA KELAS X DI SMK ANTARTIKA 2 SIDOARJO

  • SITI FATIMAHTUS ZAHROH

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu sistem yang terdiri dari berbagai komponen (tujuan, materi, metode dan evaluasi) yang harus dipenuhi guna ketercapaian tujuan pembelajaran yang diterapkan. Penggunaan model pembelajaran merupakan bingkai dari metode, pendekatan dan teknik pembelajaran yang mencakup rencana atau pola yang digunakan dalam penyelenggaraan sebuah pelajaran. Berdasarkan hasil observasi lapangan dan wawancara dengan guru mata pelajaran dasar desain grafis bahwa >20 hasil belajar siswa materi manipulasi gambar raster kelas X multimedia di SMK Antartika 2 Sidoarjo belum tuntas (dibawah KBM >75). Disebabkan karena kurang aktifnya siswa dan penggunaan model pembelajaran yang belum tepat. Dari berbagai macam model pembelajaran, Model project based learning menjadi solusi sebagai pendekatan penciptaan lingkungan belajar yang dapat mendorong siswa aktif membangun pengetahuan dari keterampilan secara personal.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh project based learning terhadap hasil belajar dalam membuat manipulasi gambar raster menggunakan fitur efek pada mata pelajaran dasar desain grafis bagi siswa kelas X di SMK Antartika 2 Sidoarjo. Jenis penelitan ini adalah kuantitatif. Subjek penelitian ini menggunakan dua kelas eksperimen dan dua kelas kontrol pada siswa SMK kelas X jurusan multimedia. Data diambil melalui observasi, tes tertulis dan penilaian unjuk kerja. Keterlaksanaan penerapan model pembelajaran project based learning menggunakan sintaks yang dikembangkan The George Lucas Edicational Foundation.

Berdasarkan hasil analisis data korelasi observasi aktivitas belajar guru dan siswa berkaitan dengan keterlaksanaan pembelajaran termasuk kategori sangat baik. Hasil tes tertulis pada data pre-test dan post-test analisis uji one-way Anova diperoleh F hitung lebih besar dari F tabel yaitu Fhitung= 78,69 > Ftabel= 2,67 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan akibat penggunaan model pembelajaran Project Based Learning. Sedangkan, untuk penilaian unjuk kerja ketuntasan nilai diperoleh kelas eksperimen rata-rata nilai 85 dan kelas kontrol 64. Jadi, dapat disimpulkan dari hasil observasi, analisis tes dan penilaian unjuk kerja bahwa penerapan Project based learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar.

Kata kunci: project based learning, menipulasi gambar raster dan hasil belajar

Published
2019-05-24
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 194