PENGEMBANGAN MEDIA CAI (COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION) PADA MATERI POKOK HUKUM TERMODINAMIKA MATA PELAJARAN FISIKA SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 1 KALITENGAH LAMONGAN

  • LINA AMALIYA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media CAI model tutorial yang merupakan media pembelajaran untuk memecahkan masalah belajar peserta didik kelas X di SMKN 1 Kalitengah Lamongan.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE menurut branch (2009). Adapun langkah pengembangan model ini yaitu : Analisis, Desain, Pengembangan, Penerapan, dan Evaluasi. Pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, angket, dan tes. Berdasarkan hasil analisis data, hasil uji kelayakan media CAI pada Ahli Materi 1 dan Ahli Materi 2, Ahli Media 1 dan Ahli Media 2, serta uji coba yang diterapkan pada ujicoba perorangan, ujicoba kelompok kecil, dan ujicoba kelompok besar memperoleh hasil kualifikasi sangat baik, sangat layak digunakan untuk proses pembelajaran. Sedangkan hasil analisis data dengan menggunakan uji t-test, diperoleh hasil thitung = 16,03 dan ttabel = 2,457. Karena hasil thitung lebih besar dibanding ttabel, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest peserta didik kelas X di SMKN 1 Kalitengah Lamongan.

Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media CAI menggunakan model pengembangan ADDIE berhasil dilakukan dengan baik. Media CAI layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran Fisika Kelas X di SMKN 1 Kalitengah Lamongan.

Kata Kunci :Pengembangan, Media CAI, Hukum Termodinamika

Published
2019-05-24
Abstract Views: 4
PDF Downloads: 44