PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI MATERI SIKLUS AIR PELAJARAN IPA UNTUK KELAS V SD NEGERI LAKARSANTRI II/473 SURABAYA

  • LUTHFIANAH

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media animasi yang layak dan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media animasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Lakarsantri II/473 Surabaya. Model dan prosedur yang digunakan yaitu model R&D Borg & Gall. Dalam pelaksanaan pengembangan dilakukan beberapa tahapan : validasi media (ahli materi dan ahli media), uji coba (uji coba awal, uji coba lapangan dan uji lapangan) dan melakukan eksperimen untuk mengetahui efektivitas media animasi. Pengumpulan data menggunakan angket yang dianalaisis menggunakan rumus deskriptif persentase. Sedangkan data eksperimen dihitung menggunakan rumus uji-t. Hasil validasi ahli materi yaitu 90% dan ahli media yaitu 84,53%. Sedangkan hasil uji coba awal 80,02%, hasil uji coba lapangan 88,5% dan hasil uji lapangan 82,20% maka dapat disimpulkan bahwa media animasi yang dikembangkan layak untuk digunakan. Hasil uji-t posttest menunjukkan thitung = 2,0536 > ttabel = 1,99085 yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar, sehingga dapat disimpulkan bahwa media animasi efektif dalam meningkatkan pembelajaran.

Kata kunci : pengembangan, media animasi, siklus air.

Published
2019-05-24
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 22