PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKASI PADA MATERI PERUSAHAAN DAGANG MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR UNTUK SISWA KELAS X SMK MAHARDHIKA SURABAYA

  • FARIKHATUS SHOLIKHAH

Abstract

Mata pelajaran Akuntansi Dasar merupakan dasar dari ilmu Akuntansi yang wajib ditempuh bagi siswa SMK Akuntansi. Namun, terdapat kesenjangan yang terjadi dikarenakan materi perusahaan dagang bersifat teori sehingga siswa cenderung lupa. Berdasarkan analisis yang dilakukan maka diperlukan media game edukasi berbasis android yang cocok untuk mengatasi kesenjangan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Diperlukannya pengembangan media game edukasi yang layak untuk materi perusahaan dagang mata pelajaran akuntansi dasar kelas X SMK Mahardhika Surabaya (2) Diperlukannya pengembangan media game edukasi yang efektif untuk materi perusahaan dagang mata pelajaran Akuntansi Dasar kelas X SMK Mahardhika. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE Branch. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, Angket dan tes. Wawancara digunakan untuk menguji kelayakan dengan ahli materi dan media, tes digunakan untuk menguji keefektifan media berdasarkan Uji-t dan angket sebagai pengukur tingkat kelayakan media yang diberikan kepada siswa. Teknik Analisis Data wawancara dan angket dengan menggunakan rumus presentase, dan tes menggunakan rumus uji-t. Hasil analisis uji-t pertama dengan pre-test dua kelas didapatkan hasil thitung =0,053 < ttabel=2,048 dan uji-t kedua dengan post-test didapatkan hasil thitung =4,5455> ttabel=2,048. Dapat disimpulkan bahwa media game edukasi yang dikembangkan dinyatakan layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci : Pengembangan, media, game edukasi, Perusahaan dagang

Published
2019-05-24
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 14