PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) MATERI KONSEP KARYA SENI BATIK JAWA TIMUR PADA MATA PELAJARAN TINJAUAN SENI UNTUK SISWA KELAS X JURUSAN KRIYA KREATIF BATIK DAN TEKSTIL SMK NEGERI 12 SURABAYA

  • MUCHAMMAD SYAPII

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang terjadi di SMK Negeri 12 Surabaya yang merupakan hasil dari observasi awal oleh peneliti yaitu kurangnya pemahaman siswa jurusan Kriya Kreatif Batik Dan Tekstil mengenai materi konsep karya seni batik Jawa Timur. Hal tersebut dibuktikan melalui data nilai pengetahuan siswa tahun sebelumnya dengan rata-rata kurang dari 75, yaitu dibawah standar yang ditetapkan oleh SMK Negeri 12 Surabaya. Dikarenakan belum tersedianya media pembelajaran di SMK Negeri 12 Surabaya serta karakteristik materi konsep karya seni batik Jawa Timur yang bersifat konseptual menyebabkan hasil belajar siswa rendah.

Tujuan dari pengembangan media Computer Assisted Instruction adalah Mengetahui tingkat kelayakan dan tingkat keefektifan media CAI untuk materi konsep karya seni batik Jawa Timur pada mata pelajaran Tinjauan Seni dan pada mata pelajaran Tinjauan Seni. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan DDD-E oleh Iver dan Barron dengan subjek uji coba kelas X jurusan kriya kreatif batik dan tekstil SMK Negeri 12 Surabaya.

Data dikumpulkan melalui instrumen kelayakan rencana pelaksanaan pembelajaran, instrumen kelayakan materi, intrumen kelayakan media, instrumen kelayakan bahan penyerta media, validitas dan reliabilitas butir soal, homogenitas serta normalitas. Jenis data kualitatif dan kuantitatif, analisis data yang digunakan untuk memproses hasil uji kelayakan menggunakan skala penilaian Likert, untuk uji kelayakan rencana pelaksanaan pembelajaran (95%) menunjukkan kategori sangat layak. Untuk uji kelayakan materi konsep karya seni batik Jawa Timur (80%) menunjukkan kategori layak. Uji kelayakan media CAI (94%) menunjukkan kategori sangat layak. Uji kelayakan bahan penyerta media (90%) menunjukkan kategori sangat layak.

Media CAI dinyatakan efektif berdasarkan hasil rata-rata uji coba post-test yaitu 86, 5 lebih tinggi dibandingkan dengan hasil rata-rata pre-test yaitu 67,1. Melalui perhitungan diketahui t hitung sebesar 10,51976. Berdasarkan pengujian mengunakan taraf signifikan 5% db =30-1 = 29 diperoleh t tabel = 2,045. Jadi, t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 10,51976 > 2,045. Sehingga terjadi pengaruh yang siknifikan antara penggunaan media CAI dengan hasil belajar siswa.

Kata kunci: Pengembangan, Computer Assisted Instruction (CAI), hasil belajar

Published
2019-05-29
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 38