Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Materi Daur Hidup Hewan pada Siswa Kelas IV di SDN Lakarsantri II/473

  • HANIFAH RASYIDAH RIANI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media yang efektif untuk menjelaskan ilmu pengetahuan yang memiliki unsur gerak dan suara objek gambar kemudian ditampilkan dengan animasi sehingga memberikan stimulus kepada siswa untuk lebih semangat dalam belajar dan fokus terhadap materi sehingga dapat meningkatkan hasil belajar di atas 75. Pengembangan media video animasi pembelajaran materi daur hidup hewan ini menggunakan model pengembangan 4D oleh Thiagarajaan tahun 1974 yang terdiri dari 4 langkah yaitu Define, Design, Develop, Disseminate. Dengan subjek uji coba kelas IV SDN Lakarsantri II/473 Surabaya. Data yang dikumpulkan menggunakan instrument berupa angket untuk uji kelayakan, dan tes untuk uji efektifitas. Melalui uji kelayakan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan hasil (100%) menunjukkan kategori sangat layak, uji kelayakan materi daur hidup hewan (82,8%) menunjukkan kategori sangat layak, Uji kelayakan media video animasi pembelajaran (100%) menunjukkan kategori sangat layak, Uji kelayakan bahan penyerta media (93,3%) menunjukkan kategori sangat layak, dan hasil rata-rata siswa setelah melakukan posttest dengan kelas control sebesar 68,2 lebih kecil dari pada kelas eksperimen dengan rata-rata kelas sebesar 78,5. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan ini maka dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan media video animasi pembelajaran materi daur hidup hewan pada siswa kelas IV di SDN Lakarsantri II/473 Surabaya, dinyatakan layak/baik untuk digunakan sebagai media pembelajaran dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi daur hidup hewan.
Published
2019-05-29
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 309