PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI POLA DAN BENTUK MUKA BUMI UNTUK SISWA KELAS IX DI SMPN 1 PADANGAN BOJONEGORO

  • RISDA FENTIANA

Abstract

ABSTRAKPENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI POLA DAN BENTUK MUKA BUMI UNTUK SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 1 PADANGAN BOJONEGORO
Nama : Risda FentianaNIM : 15010024023Program Studi : TeknologiPendidikanJurusan : Kurikulum danTeknologiPendidikanFakultas : Ilmu PendidikanNama Lembaga : Universitas Negeri SurabayaPembimbing : Alim Sumarno, S,Pd., M.Pd
Penelitian ini berdasarkan data analisis permasalahan yang terdapat pada kegiatan pembelajaran di SMPN 1 Padangan Bojonegoro yaitu terbatasnya media pembelajaran serta rendahnya minat peserta didik terhadap mata pelajaran IPS materi pola dan bentuk muka bumi. Sehingga, peneliti melakukan penelitian dengan mengembangan Media CAI mata pelajaran IPS materi pola dan bentuk muka bumi untuk siswa kelas IX di SMPN 1 Padangan Bojonegoro.Tujuan penelitian ini adalah : (1) Menguji kelayakan media CAI pada materi Pola dan Bentuk Muka Bumi kelas mata pelajaran IPS kelas IX SMP Negeri 1 Padangan Bojonegoro. (2) Menguji efektifitas media CAI pada materi Pola dan Bentuk Muka Bumi kelas mata pelajaran IPS kelas IX SMP Negeri 1 Padangan Bojonegoro.Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Untuk membuat media, terlebih dahulu melakukan validasi kepada 1 ahli materi dan 2 ahli media. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara kepada ahli materi dan ahli media, serta subyek uji coba media CAI kepada 3 orang dari uji coba perorangan, 4 orang dari uji coba kelompok kecil untuk mengetahui kelayakan serta keefektifan media CAI sebelum di uji cobakan kepada 32 peserta didik di SMPN 1 Padangan Bojonegoro.Berdasarkan analisis data wawancara ahli materi diperoleh perhitungan senilai 81%, dan ahli media perhitungan senilai 95%. Sedangkan hasil angket uji coba produk kepada peserta didik kelas IX dengan hasil persentase uji coba perorangan sebesar 92%, kemudian hasil uji coba kelompok kecil persentase sebesar 95%, dan hasil presentase uji kelompok besar 95,31%. Dapat disimpulkan bahwa Media CAI materi pola dan bentuk muka bumi layak digunakan dalam pembelajaran di SMPN 1 Padangan Bojonegoro. Dengan data analisis hasil test pembelajaran menggunakan media CAI terdapat perbedaan yang sangat signifikan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan media CAI. Data tersebut dapat dibuktikan dengan perolehan nilai dari t hitung = 10,404 dan dikorelasikan dengan t tabel dengan taraf signifikansi 5% dari derajat pembagi (db) = (N1 + N2) – 2 maka dapat dikatakan df (32 + 31) – 2 = 61. Berdasarkan tabel t, df 61 mendapatkan t tabel = 1,999. Karena t hitung > t tabel, dengan nilai 10,404> 1,999. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media CAI yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik SMPN 1 Padangan Bojonegoro materi pola dan bentuk muka bumi.
Kata Kunci : Pengembangan, Media CAI, Ilmu Pengetahuan Sosial, Pola dan Bentuk Muka Bumi.
Published
2019-05-29
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 45