PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS MOBILE LEARNING PADA MATERI PERANGKAT LUNAK PENGOLAH GAMBAR BITMAP MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS DENGAN MODEL PENGEMBANGAN DDD-E UNTUK KELAS X MULTIMEDIA DI SMKN 1 TROWULAN MOJOKERTO

  • ANDREAN KUSNADI PRABOWO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia berbasis mobile learning yang layak dan efektif pada materi perangkat lunak pengolah gambar bitmap mata pelajaran dasar desain grafis untuk kelas X Multimedia di SMKN 1 Trowulan Mojokerto. Model pengembangan yang digunakan yaitu model DDD-E (Decide, Design, Develop, and Evaluate) oleh Ivers dan Barron. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan tes. Instrumen wawancara digunakan untuk validasi ahli RPP, ahli materi dan ahli media. Kemudian angket dan tes digunakan kepada peserta didik kelas X Multimedia di SMKN 1 Trowulan Mojokerto.

Berdasarkan hasil analis data, hasil uji kelayakan multimedia berbasis mobile learning pada ahli materi dan ahli media termasuk kategori sangat baik dengan persentase 100%. Uji coba perorangan 91,66% termasuk kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil 90,27% termasuk kategori sangat baik, dan uji coba kelompok besar 90,55% termasuk kategori sangat baik. Sedangkan untuk mengetahui keefektifan multimedia berbasis mobile learning dilakukan dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikan 5%, maka diperoleh thitung sebesar 17,68 dan ttabel sebesar 2,045. Sehingga thitung lebih besar dari ttabel yaitu 17,68 > 2,045. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia berbasis mobile learning dapat meningkatkan pemahaman konsep pada materi perangkat lunak pengolah gambar bitmap mata pelajaran dasar desain grafis untuk peserta didik kelas X Multimedia di SMKN 1 Trowulan Mojokerto.
Published
2019-06-12
Abstract Views: 108
PDF Downloads: 318