PENGEMBANGAN MEDIA CAI (COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION) MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA UNTUK MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII DI SMPN 33 SURABAYA

  • SONY DWI IRAWAN

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah (1) untuk mengembangkan media CAI (Computer Assisted Instruction) yang layak pada Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia Mata Pelajaran IPA di SMPN 33 Surabaya. (2) untuk mengetahui tingkat keefektifan media CAI (Computer Assisted Instruction) pada Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia Mata Pelajaran IPA di SMPN 33 Surabaya. Produk yang dikembangkan merupakan Media CAI (Computer Assisted Instruction) yang menggunakan model Drills and practice disertai Bahan penyerta serta RPP yang bermedia CAI. Media CAI ini dikemas menarik dalam sebuah CD sehingga mudah digunakan dan disimpan kembali. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, angket dan tes untuk mengetahui tingkat kelayakan dan tingkat keefektifan media CAI yang dikembangkan pada pembelajaran terkait. Teknik analisis data pada penelitian pengembangan ini menggunakan dua kali Uji t.

Dari analisis data penelitian maka telah diperoleh antara lain, hasil uji kelayakan media yang didapatkan dari ahli materi dan ahli media, serta uji coba yang diterapkan pada kelompok siswa yaitu perorangan, kelompok kecil dan kelompok besar mendapatkan persentasi sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media CAI layak digunakan dalam pembelajaran materi Sistem Pernapasan Manusia di SMPN 33 Surabaya. Pada hasil analisis Uji t yang pertama dalam menguji hasil pre-test kelas kontrol dan eksperimen maka didapatkan t hitung lebih kecil dari t tabel yaitu (1,675 < 1,994). Sedangkan pada hasil analisis Uji t kedua yang menguji hasil post-test mendapatkan t hitung lebih besar dari t tabel yaitu (3,817 > 1,994). Sehingga mendapatkan kesimpulan bahwa media CAI yang dikembangkan efektif diterapkan dalam pembelajaran materi Sistem Pernapasan Pada Manusia mata pelajaran IPA di SMPN 33 Surabaya.
Published
2019-06-17
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 26