Pengembangan Media Buku Cerita Elektronik

  • ADY ACHMAD ALI WAHYU

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menghasilkan produk media buku cerita elektronik materi hak dan kewajiban pada mata pelajaran PPKN untuk siswa kelas V SDN 1 Sungonlegowo Gresik yang layak. (2) Mengetahui keefektifan produk media buku cerita elektronik materi hak dan kewajiban pada mata pelajaran PPKN untuk siswa kelas V SDN 1 Sungonlegowo Gresik.

Model pengembangan yang digunakan adalah model Reseach and Development (R&D) karena pengembangan R&D memiliki langkah-langkah yang lebih sistematis dan terperinci disetiap tahapannya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, wawancara terstruktur dan tes untuk mengetahui kelayakan media. Sedangkan untuk mengetahui tingkat efektifitas menggunakan uji t.

Berdasarkan analisis data uji kelayakan dilakukan dengan ahli materi dan ahli media serta uji coba produk perorangan, kelompok kecil, hingga kelompok besar mendapatkan kategori yang sangat baik. Sehingga media buku cerita elektronik layak untuk diterapkan dalam pembelajaran PPKN materi hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan hasil analisis data uji t dan peneliti dapat menyimpulkan bahwa hasil rata-rata uji coba post-test yaitu 83,23 lebih tinggi dibandingkan dengan hasil rata-rata pre-test yaitu 56,32. Melalui perhitungan uji t diketahui hasil thitung sebesar 14,431. Selain itu, berdasarkan pengujian menggunakan taraf signifikan 5% db = 34-1 = 33 diperoleh ttabel = 2,045. Jadi peneliti dapat menyimpulkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel yaitu 14,431 > 2,045. Sehingga terjadi perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test dan dapat disimpulkan bahwa media buku cerita elektronik dapat meningkatkan hasil belajar pada materi hak dan kewajiban mata pelajaran PPKN siswa kelas V SDN 1 Sungonlegowo Gresik.

Kata kunci : Pengembangan, Media buku cerita elektronik, PPKN, Materi hak dan kewajiban.




Published
2019-06-25
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 252