Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Materi Menerapkan Prosedur Pengambilan Gambar Dengan Teknik Bluring Untuk Peserta Didik Ekstrakulikuler Fotografi Jurnalistik di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya

  • MIFTAH RIZQI FADLLILLAH

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk 1. Menghasilkan media video pembelajaran pada mata pelajaran fotografi materi menerapkan prosedur pengambilan gambar dengan teknik bluring yang layak digunakan untuk peserta didik Ekstrakulikuler fotografi di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. 2. Menghaslkan media video pembelajaran pada mata pelajaran fotografi materi menerapkan prosedur pengambilan gambar dengan teknik bluring yang efektif digunakan untuk peserta didik Ekstrakulikuler fotografi di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya.

Model Pengembangan yang digunakan adalah model pengembagan model pengembangan Research and Development (R&D). Subyek uji coba media video pembelajaran, diuji cobakan kepada ahli materi dan media, peserta didik yang mengikuti ekstrakulikuler fotografi jurnalistik di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya dengan jumlah 10 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara ahli materi dan ahli media, angket peserta didik yang terdiri dari uji coba perorangan 2 peserta didik, dan uji coba kelompok besar 10 peserta didik, ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan dari media video pembelajaran. Analisis data yang digunakan untuk mengolah data hasil belajar peserta didik yaitu dengan Wilcoxon Match Pairs Test, ini untuk mengetahui kefektifan media video pembelajaran.

Berdasarkan analisis data wawancara ahli materi diperoleh perhitungan nilai sebesar 100%, dan ahli media perhitungan nilai sebesar 100%. Sedangkan hasil angket uji coba produk kepada peserta didik yang mengikuti ekstrakulikuler fotografi jurnalistik di SMA muhammadiyah 3 Surabaya hasil presentase uji coba perorangan 80%,dan hasil presentase uji coba kelompok besar 100%. Dengan hasil yang diperoleh tersebut, dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran dikategorikan sangat baik sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Dari analisis data hasil test pembelajaran menggunakan media video pembelajaran terdapat perbedaan yang signifikan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan media video pembelajaran. Ini dapat dibuktikan dengan peorlehan nilai data hasil test nila Zhitung = 2,80 lebih besar dari Ztabel = 1,598 dengan nilai krisis 5% dengan n=10, berarti Zhitung = 2,80 > Ztabel = 1,598. Berdasarkan hasil tersebut terbukti bahwa penggunakan media video pembelajaran efektif untuk meningkatkan kemampuan pada peserta didik yang mengikuti extrakulikuler fotografi jurnalistik dalam memahami materi prosedur pengambilan gambar dengan teknik bluring di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya.

Kata Kunci : Media, Video Pembelajaran, Teknik Bluring

Published
2019-06-27
Abstract Views: 5
PDF Downloads: 13