PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF HYBRID MATERI POKOK PENGOPERASIAN KAMERA DIGITAL PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS PERCETAKAN SISWA KELAS XI MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 3 KEDIRI

  • MOHAMMAD MUSTOFA

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah (1) untuk mengembangkan multimedia interaktif hybrid yang layak pada Materi Pengoperasian Kamera Digital Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan di SMK Negeri 3 Kediri. (2) untuk mengetahui tingkat keefektifan multimedia interaktif hybrid pada Materi Pengoperasian Kamera Digital Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan di SMK Negeri 3 Kediri.

Model pengembangan yang digunakan adalah model DDD-E. Pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, angket dan tes untuk mengetahui tingkat kelayakan dan tingkat keefektifan multimedia interaktif hybrid yang dikembangkan pada pembelajaran terkait. Teknik analisis data pada penelitian pengembangan ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan Uji t untuk menguji hipotesis.

Berdasarkan analisis data, hasil uji kelayakan multimedia interaktif hybrid pada ahli materi , ahli media I dan II, serta uji coba yang diterapkan pada kelompok peserta didik dapat dikategorikan sangat baik. Sehingga disimpulkan bahwa multimedia interaktif hybrid pada Materi Pengoperasian Kamera Digital Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan telah layak untuk diterapkan pada proses pembelajaran.

Selanjutnya hasil analisis Uji t yang membandingkan dari hasil nilai pretest dan posttest yang dilakukan pada kelas XI Multimedia SMK Negeri 3 Kediri, didapatkan t hitung lebih besar dari t tabel yakni 7,947 > 1,995. Sehingga dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif hybrid efektif diterapkan pada pembelajaran materi Pengoperasian Kamera Digital Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan.

Kata kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif Hybrid, Pengoperasian kamera digital.
Published
2019-06-27
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 141