PENGEMBANGAN MEDIA PRESENTASI PADA MATA PELAJARAN IPA TENTANG KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP MATERI KINGDOM ANIMALIA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 TAMAN SDOARJO

  • MUTIARA SARY HUTAGALUNG

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media modul elektronik yang layak dan efektif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan jenis penelitian yang digunakan menggunakan model pengembangan ADDIE meliputi 5 tahap yaitu Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk menguji kelayakan media adalah wawancara terstruktur untuk ahli materi dan ahli media sedangkan untuk peserta didik menggunakan angket. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas produk yang dihasilkan adalah sebagai berikut: (1) menurut ahli materi menunjukkan tingkatan baik; (2) menurut ahli media menunjukkan tingkatan baik; (3) dari uji coba perorangan 3 peserta didik (90,74%) (4) dari uji coba kelompok kecil 6 peserta didik (91,66%) (5) dari uji coba kelompok besar (92,06%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produksi media pembelajaran memiliki kualitas baik sebagai sumber belajar. Penilaian terhadap proses pembelajaran dengan memanfaatkan media dengan r hitung 2. Efektivitas dari penggunaan media terhadap peserta didik diperoleh berdasarkan pretest dan posttest, setelah data yang diperoleh diolah makan mendapatkan t-hitung sebesar 21,14. Setelah dibandingan dengan t-tabel (nilai t-tabel 21,045) maka dapat ditarik kesimpulan bahwa media modul presentasi untuk diterapkan dalam proses pembelajaran.

Kesimpulan dari penelitian (1) dari seluruh validasi kepada ahli media dan ahli materi, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar yang dilakukan , dapat disimpulkan bahwa media presentasi mata pelajaran IPA tentang klasifikasi mahkluk hidup materi kingdom animali ini telah layak dan efektif dijadikan media pembelajaran. (2) Media presentasi ini berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Taman Sidoarjo dalam mata pelajaran IPA. Hal ini ditunjukkan dengan tingginya nilai post test dibandingkan pre test setelah menggunakan media modul elektronik. Saran (1) dalam menggunakan media presentasi diharapkan setiap peserta didik memahami. (2) Sebelum menggunakan media presentasi, peserta didik diberi penjelasan tentang isi materi yang ada di dalam media modul presentasi yang akan digunakan.

Kata Kunci: SMP Negeri 2 Taman Sidoarjo, Klasifikasi Mahkluk Hidup,Kingdom Animalia, Media Presentasi.

Abstract

The purpose of this research is to produce media of a viable and effective so that it can improve learning outcomes of students with this type of research using the development model of ADDIE includes 5 stages: Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation.

But in the process of development, researchers do not perform the procedure of mass production. This is because the development is aimed to students of class VII in SMP Negeri 2 Taman Sidoarjo.Data collection methods used to test the feasibility of media is a structured interview for the matter experts and media experts as for students using a questionnaire. The results of the analysis show that the quality of the resulting product are as follows: (1) according to the expert of the material shows the levels better (2) according to the expert media show the levels better.(3) individual tryout with 3 student (90,74%); (4) small goup tryout by student 6 student (91.66%); (5) using tryout by student (92,06). The effectiveness of from the use of the media against learners obtained based on pretest and posttest, after data obtained processed eat get t-hitung of 21,14. After compared with t-tabel (value t-tabel 21,045) then can pulled the conclusion that the media diamtomic presentation to be applied in the learning process. The conculusion of the study (1) from the whole validation to the media experts and matter experts, trial individual and small group trial a large grup, it can be concluded that the media presentation of science of classification of living beings the material kingdom animalia thus has been feasible and effective as a media of learning.

The suggestion (1) in the use of the media presentation is expected to every learners understand. (2) Before using the media presentation, learners given an explanation about the contents of material that is in the media diatokmic presentation that will be used.

Keywords: junior high school of 2 Taman Sidoarjo, Classification Living Creature, Kingdom Animalia, Media Presentation.

Published
2019-06-28
Abstract Views: 133
PDF Downloads: 166