Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Android Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Materi Struktur Kontrol Percabangan Kelas X Multimedia Di SMK Negeri 3 Kediri

  • M GHAFUR VIKARIO FIRMANSYAH

Abstract

Abstrak

Mata pelajaran pemrograman dasar materi struktur kontrol percabangan berisi tentang logika pemrograman. Dengan mempelajari materi strukur kontrol percabangan peserta didik mampu menguasi tentang percabangan 1 kondisi, percabangan 2 kondisi, percabangan lebih dari 2 kondisi, dan percabangan bersarang. Pada kenyataannya masih terdapat banyak peserta didik yang belum memahaminya. Untuk itu diperlukannya pengembangan multimedia interaktif berbasis aplikasi android pada mata pelajaran pemrograman dasar materi struktur kontrol percabangan. Tujuan mengembangkan ini adalah untuk mengetahui multimedia interaktif berbasis aplikasi android yang layak dan efektif pada mata pelajaran pemrograman dasar materi struktur kontrol percabangan kelas X multimedia di SMK Negeri 3 Kediri. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Research and Development (R&D) menurut Sugiyono dengan 10 langkahnya yang diantaranya; 1) Potensi Masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain 6) Uji Coba Produk, 7) Revisi Produk, 8) Uji Coba Pemakaian 9) Revisi Produk 10) Produksi Masal. Pengembangan ini menggunakan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan tes. Wawancara digunakan untuk mengumpulkan data tentang studi pendahuluan untuk menemukan masalah pembelajaran yang terdapat di SMK Negeri 3 Kediri, angket digunakan untuk menentukan kelayakan media dan materi, dan tes digunakan untuk menentukan keefektifan media berdasarkan pengukuran hasil belajar peserta didik. Terdapat 2 teknik analisis data yaitu teknik analisis data angket menggunakan rumus presentase dan teknik analisis data tes mengggunakan uji-t. Hasil analisis data test pre-test dan post-test dilakukan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan analisis data uji test sehingga diperoleh thitung sebesar 4,7931. Kemudian dikonsultasikan dengan menggunakan tabel distribusi uji t dengan taraf signifikasi 5% dan derajat pembagi (db) = (36+36)-2 = 70 maka diperoleh ttabel sebesar 1,9944. Didapatkan thitung lebih besar daripada ttabel (4,7931 > 1,9944). Sehingga dapat dikatakan multimedia interaktif berbasis aplikasi android efektif digunakan pada pembelajaran. Dengan demikian setelah dilakukan penelitian pengembangan maka multimedia interaktif berbasis aplikasi android pada mata pelajaran pemrograman dasar materi struktur kontrol percabangan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran kelas X multimedia SMK Negeri 3 Kediri.

Kata kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Android, Struktur Kontrol Percabangan

Published
2019-07-01
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 70