Pengembangan Media E-Modul Materi Analisis Pembuatan E-book Pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Untuk Peserta didik Kelas X Multimedia di SMK Negeri 1 Jabon Sidoarjo.

  • ANDREAS PAMBUDI

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah selain untuk mengetahui kefektifan media yang dikembangakan juga untuk mengatasi permasalahan belajar yang dihadapi oleh peserta didik SMKN 1 Jabon-Sidoarjo pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital, dimana media yang diberikan terhadap peserta didik masih belum sesuai dengan tujuan pembelajaran, maka dari itu dengan mengembangakan media E-Modul (elektronik modul) diharapkan peserta didik dapat mengalami peningkatan hasil belajar yang signifikan. Karena media E-Modul ini dapat diakses oleh peserta didik secara mandiri dan dimanapun, sehingga peserta didik akan lebih banyak waktu untuk belajar secara mandiri. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan model pengembangan Research and Development (R&D) dan jenis data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah data kualitatif dan kuantitatif, yang didapat berdasarkan hasil wawancara kepada ahli rencana pembelajaran, ahli materi, ahli media, dan ahli bahan penyerta.

Berdasarkan Metode pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, dokumentasi, wawancara dan tes, dan dari semua aspek penilaian yang telah di validasi maka nilai hitung yang didapat dari Ahli Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebanyak 88% termasuk dalam kategori yang sangat baik. Aspek penilaian dari ahli materi mendapatkan nilai hitung sebanyak 93% termasuk dalam kategori yang sangat baik. Aspek penilaian dari ahli media mendapatkan nilai hitung sebanyak 87% termasuk dalam kategori yang sangat baik, dan yang terakhir adalah dari ahli bahan penyerta media mendapatkan nilai hitung sebanyak 90% termasuk dalam kategori yang sangat baik

Dan data yang diperoleh dari uji coba kelompok kecil sebanyak 10 peserta didik, bahwa semua angket untuk peserta didik mendapatakan nilai hitung sebanyak 93% termasuk dalam kategori yang sangat baik. Dan selanjutnya untuk mengetahui kefektifan media elektronik modul pengembang menggunakan uji-t dengan Berdasarkan perhitungan hasil pre-test dan post-test setelah menggunakan media E-Modul pada peserta didik kelas X Multimedia diperoleh t hitung dengan to = 8,84 dengan d.b = 29, sedangkan taraf signifikansi 5% diperoleh harga kritik = 1,69 dan pada taraf signifikansi 1% = 2,45 Jadi dapat disimpulkan berdasarkan hasil uji coba tersebut bahwa ditemukan harga to lebih besar dari harga ts 5% dan ts 1% yaitu 8,84 > 2,45 > 1,69. Maka ini menunjukkan bahwa penggunaan media E-Modul dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital materi analisis pembuatan e-book untuk peserta didik kelas X Multimedia di SMK Negeri 1 Jabon-Sidoarjo.

Published
2019-07-01
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 611