PENGEMBANGAN MEDIA MODUL ELEKTRONIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MATERI GELOMBANG PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 DAWARBLANDONG MOJOKERTO

  • SEMBODO DWI CAHYO

Abstract

Abstrak Berdasarkan hasil observasi di SMPN 2 Dawarblandong Mojokerto ditemukannya masalah belajar siswa yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan materi gelombang serta keterbatasan buku pelajaran yang tidak dapat menjelaskan secara rinci terkait. Hal tersebut dibuktikan melalui hasil nilai siswa dengan rata rata kurang 75, yaitu nilai standar minimal yang ditetapkan di SMPN 2 Dawarblandong Mojokerto, berdasarkan permasalahan tersebut maka diperlukan pengembangan media modul elektronik pada materi gelombang. Media modul elektronik merupakan media pembelajaran efektif untuk menjelaskan ilmu pengtahuan alam yang memiliki karakteristik gerak dan suara untuk membantu siswa dalam belajar. Spesifikasi produk yang dihasilkan yaitu berupa modul elektronik materi gelombang. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian Research and Development dengan Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Pengujian produk dilakukan di SMPN 2 Dawarblandong Mojokerto pada siswa kelas VIII. Berdasarkan hasil analisis data, hasil uji kelayakan media modul elektronik pada ahli materi I didapatkan katagori sangat baik. Ahli media I didapatkan hasil yang baik. Untuk hasil Uji coba perorangan, kelompok kecil dan kelompok besar termasuk dalam kategori sangat baik dimana hasil yang didapat masuk dalam prosentase antara 100% (sangat baik). pengembang menggunakan uji-t dengan db = (Nx+Ny-2) = 27+27-2 = 52 dan taraf signifikan 5%. Maka nilai ttabel = 2,00665 dan t hitung adalah 3,17. Jadi, thitung> ttabel (3,17 > 2,00665), sehingga terjadi perbedaan signifikan antara rata-rata pre-test dan post-test. Maka media yang dikembangkan telah efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMPN 2 Dawarblandong Mojokerto pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Materi gelombang.
Published
2019-07-03
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 28