PENGEMBANGAN E-MODUL TIPOGRAFI PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS XI MULTIMEDIA SMK NU TRATE GRESIK

  • RIESMA DWI PUTRI FATIMAH

Abstract

Abstrak : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah media E- modul yang sesuai dengan kebutuhan serta telah memenuhi uji kelayakan dan uji keefektifan. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap yaitu Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation dimana tahapan nya secara berurutan diawali dengan pengumpulan informasi, menganalisis kebutuhan, merancang rancangan media, mengembangkan atau membuat media E- modul, setelah itu diterapkan dan dilakukan tes hasil belajar siswa.

Pengujian produk dilakukan di SMK NU Trate Gresik pada siswa kelas XI Multimedia. Data- data penelitian yang diperoleh dengan menggunakan instrumen wawancara dan angket digunakan untuk mengetahui kelayakan media dan instrumen tes digunakan untuk mengetahui keefektifan media. Berdasarkan hasil analisis data, hasil uji kelayakan media modul pada ahli materi didapatkan hasil yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji kelayakan pada ahli media juga mendapatkan hasil yang termasuk dalam kategori sangat baik. Untuk hasil Uji coba perorangan, kelompok kecil dan kelompok besar termasuk dalam kategori sangat baik dimana hasil yang didapat masuk dalam prosentase antara 81-100% (sangat baik). Dapat disimpulkan bahwa media E- modul dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Sedangkan untuk mengetahui keefektifan media, pengembang menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5%, nilai d.b= 31 – 1 = 30, kemudian diperoleh ttabel: 1,70 Dengan demikian thitung lebih besar dari ttabel yaitu 24,57 > 1,70. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa penggunaan media E-modul tentang tipografi dalam pembelajaran produktif multimedia dapat memberikan pengaruh yang signifikan sehingga dinyatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci : E- modul, tipografi, produktif multimedia.

Published
2019-07-03
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 153