PENGARUH PENGGUNAAN PRESENTASI TUTORIAL DENGAN PROGRAM ADOBE ILLUSTRATOR TERHADAP HASIL BELAJAR BERUPA PRODUK MATA PELAJARAN DESAIN MULTIMEDIA MATERI ILUSTRASI KELAS XI MULTIMEDIA SMK NEGERI 12 SURABAYA

  • M WILDAN ARIF DJUNED

Abstract

Desain multimedia merupakan mata pelajaran di sekolah menengah kejuruan yang mempelajari sebuah konsep tentang sesuatu dengan memanfaatkan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan dalam bentuk text, audio, grafik, animasi dan video. Mata pelajaran ini termasuk dalam paket Multimedia pada program keahlian Teknik Komputer dan Informatika yang juga membahas pengetahuan dasar tentang multimedia itu sendiri mulai dari pembuatan desain hingga menjadi sebuah produk multimedia. Pada desain multimedia, salah satu materi yang memerlukan pemahaman dan pengalaman yang lebih nyata adalah materi ilustrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses kelayakan dan kemampuan media program Adobe Illustrator dalam mengingkatkan hasil belajar siswa pada materi ilustrasi. Objek penelitian adalah siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 12 Surabaya, terbagi dalam 2 kelas yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Penelitian ini menggunakan model eksperimen kuasi serta dilakukan dengan melibatkan ahli materi. Sedangkan untuk mengetahui kemampuan media dalam meningkatkan hasil belajar dilakukan uji t dua kelompok. Setelah dilakukan pengujian dan analisis data, diperoleh hasil yang menunjukkan media program Adobe Ilustrator mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil uji t menunjukkan nilai t pada kelas kontrol = 0,98 dan kelas eksperimen = 1,771 maka nilai thitung < ttabel jadi, Ho diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan memanfaatkan media tersebut dapat berpengaruh pada hasil belajar siswa kelas XI Multimedia SMK Negeri 12 Surabaya mata pelajaran desain multimedia materi ilustrasi.
Published
2019-07-03
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 128