PENGEMBANGAN MODUL CETAK PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI MATERI PERUBAHAN SOSIAL DAN DAMPAKNYA UNTUK SISWA XII SMA ANTARTIKA SIDOARJO

  • DEDIK TRIO WICAKSONO

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah media modul yang sesuai dengan kebutuhan serta telah memenuhi uji kelayakan dan uji keefektifan. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development dengan menggunakan model pengembangan borg and gall yang meliputi beberapa tahap dimana tahapan nya secara berurutan diawali dengan menggali potensi masalah, mengumpulkan data, mendesain produk, validasi produk, revisi produk setelah itu diterapkan dan dilakukan tes hasil belajar siswa.. Pengujian produk dilakukan di SMA Antartika Sidoarjo pada siswa kelas XII. Data-Data penelitian yang diperoleh dengan menggunakan instrumen wawancara dan angket digunakan untuk mengetahui kelayakan media dan instrumen tes digunakan untuk mengetahui keefektifan media. Berdasarkan hasil analisis data, hasil uji kelayakan media modul pada ahli materi didapatkan hasil yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji kelayakan pada ahli media juga mendapatkan hasil yang termasuk dalam kategori sangat baik. Untuk hasil Uji coba perorangan, kelompok kecil dan kelompok besar termasuk dalam kategori sangat baik dimana hasil yang didapat masuk dalam prosentase antara 81100% (sangat baik). Dapat disimpulkan bahwa media modul dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Sedangkan untuk mengetahui keefektifan media, pengembang menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5% dan derajat pembagi (df) = (๐‘1 + ๐‘2) - 2. Maka didapat df = (30 + 30) โ€“ 2 = 58. Dalam tabel ujit df 58. Dalam tabel uji-t df 58 didapatkan ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ 2,66. Ternyata ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” lebih besar dari ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ atau ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” 8,195 > ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ 2,66 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima atau terbukti bahwa pengembangan media Modul Pembelajaran Mata Pelajaran sosiologi siswa kelas XII Ips 1 SMA Antartika Sidoarjo dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : modul, perubahan sosial, mata pelajaran bahasa sosiologi.
Published
2019-07-03
Abstract Views: 5
PDF Downloads: 15