Pengembangan Media Video Pembelajaran Pengenalan Materi Magnet Untuk Siswa Tuna Rungu Pada Siswa Kelas 5 SDLB Karya Mulia 1 Surabaya

  • ADIA RAHARJA

Abstract

Penelitian ini mengembangan media video pembelajaran bagi anak tunarungu kelas 5 semester 2 di SDLB Karya Mulia Surabaya. Media ini bertujuan untuk mempermudah peserta didik dalam belajar mengingat materi yang disampaikan dengan cara menulis kembali materi yang disampaikan sebelumnya. Hal ini didasarkan pada latar belakang penelitian bahwa anak tunarungu di SDLB Karya Mulia Surabaya masih rendah dalam proses mengingat materi yang disampaikan karena memiliki daya ingat yang rendah. Untuk itu diperukannya pemecahan masalah dengan menggunakan media video pembelajaran yang dapat diputar ulang serta menarik minat anak tunarungu. Pengembangan media ini menggunakan metode ADDIE yaitu analyze, design, develop, implement, dan evaluation pada pelaksanaan pembayatan media tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian non-parametrik. Subjek yaitu ahli materi dan ahli media serta subjek anak tunarungu kelas 5 semester 2 di SDLB Kaya Mulia Surabaya yang berjumlah 6 anak. Metode pengumpulan data dilakukan dengan angket terbuka, expert judgement dan tes. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan rumus P yang digunakan untuk mengukur presentase angket kemudian untuk tes menggunakan expert judgement dan rumus wilcoxon match pairs test.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa validasi kelayakan media memperoleh perhitungan dari angket ahli materi sebesar 100% dengan kriteria baik sekali; perhitungan dari angket ahli media sebesar 100% dengan kriteria baik 5sekali. Data hasil uji coba media menggunakan expert judgement, ini dilakukan karena peserta didik tidak mampu untuk melakukan penilaian kelayakan media sehingga di lakukan oleh ahli media. Data peroleh Wilcoxon Match Pairs Test dari pre test dan post test diperoleh sebesar Zhitung 2,20 > Ztabel 1,96, dengan taraf signifikan 5%, sehingga terdapat perbedaan pada hasil belajar. Kesimpulannya adalah penggunaan media video pembelajaran dapat meningatkan hasil belajar peserta didik dibandingkan sebelum menggunakan media atau pembelajaran konvensional untuk menstimulasi kemampuan anak tunarungu. Kata Kunci: Pengembangan, Media Video Pembelajaran, Tunarungu
Published
2019-07-03
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 14