Pengembangan Media Computer Assisted Instruction Pada Materi Karakteristik Geografis Indonesia di Kelas V di SD Negeri Lakarsantri 2 Surabaya

  • RESKY FEBRIYANTO

Abstract

Materi karakteristik geografis Indonesia berisi materi tentang cuaca dan Iklim di Indonesia, Peta, dan Flora dan Fauna di Indonesia Pada kenyataannya masih terdapat banyak siswa yang belum memahaminya. Untuk itu diperlukannya pengembangan media Computer Assisted Instruction pada materi Karakteristik Geografis Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui kelayakan dan keefektifan media Computer Assisted Instruction yang dikembangkan pada mata pelajaran IPS materi Karakteristik Geografis Indonesia kelas V di SD Negeri Lakarsantri 2 Surabaya.

Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan tes. Terdapat 2 teknik analisis data yaitu teknik analisis data angket menggunakan rumus presentase dan teknik analisis data tes mengggunakan uji-t.

Berdasarkan hasil kelayakan media bahwa media Computer Assisted Instruction materi Karakteristik Geografis Indonesia di Kelas V di SD Negeri Lakarsantri 2 Surabaya layak diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Setelah dilakukannya kegiatan pre-test dan post-test pada kelas kontrol dan kelas eksperimen maka media Computer Assisted Instruction pada mata materi Karakteristik Geografis Indonesia di Kelas V di SD Negeri Lakarsantri 2 Surabaya efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Published
2019-07-09
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 79