Pengembangan Media E-Modul Pada Materi Pokok Komposisi Gambar Dalam Fotografi Mata Pelajaran Desain Grafis Percetakan Untuk Siswa Kelas XI Multimedia SMKN 1 Driyorejo Gresik

  • MUHAMMAD IQBAL

Abstract

Tujuan pembelajaran ini adalah untuk : (1) mengembangkan media E-Modul pembelajaran mata pelajaran desain grafis percetakan materi komposisi gambar dalam fotografi untuk siswa kelas XI Multimedia SMKN 1 Driyorejo Gresik yang sesuai dengan kebutuhan, (2) mengetahui kelayakan media E-Modul pembelajaran mata pelajaran desain grafis percetakan materi komposisi gambar dalam fotografi untuk siswa kelas XI Multimedia SMKN 1 Driyorejo Gresik yang sesuai dengan kebutuhan, (3) Mengetahui efektifitas media E-Modul pembelajaran mata pelajaran desain grafis percetakan materi komposisi gambar dalam fotografi untuk siswa kelas XI Multimedia SMKN 1 Driyorejo Gresik yang sesuai dengan kebutuhan, Spesifikasi produk pengembangan media E-Modul pembelajaran materi komposisi gambar dalam fotografi pada mata pelajaran desain grafis percetakan berupa media E-Modul pembelajaran yang disertai dengan RPP media E-Modul pembelajaran, bahan penyerta (buku panduan pemanfaatan), dan dikemas dalam CD.

Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan R&D (Researd and Development). Subyek uji coba media E-Modul pembelajaran ini, di uji cobakan kepada 2 ahli materi 2 ahli media dan peserta didik kelas XI Multimedia SMKN 1 Driyorejo Gresik dengan jumlah 30 orang, 15 peserta didik laki-laki dan 15 pesrta didik perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui instrument wawancara ahli materi dan ahli media, angket peserta didik yang terdiri dari uji coba perorangan 3 peserta didik, uji coba kelompok kecil 6 peserta didik, dan uji coba kelompok besar 21 peserta didik. Analisis data yang digunakan untuk mengolah data hasil belajar peserta didik yaitu dengan prosentase dan t test.

Berdasarkan analisis data hasil wawancara ahli materi diperoleh perhitungan nilai sebasar 93,33% dan ahli media perhitungan nilai sebesar 96,67% sedangkan hasil angket uji coba produk kepada peserta didik kelas XI Multimedia SMKN 1 Driyorejo Gresik hasil presetase uji coba perorangan 95,56% hasil uji coba presentase kelompok kecil 100% serta hasil uji coba presentase pada uji coba kelompok besar 94,28% dengan hasil yang diperoleh tersebut, dapat disimpulkan bahwa media E-Modul pembelajaran ini dikategorikan sangat baik dan layak digunakan. Dari analisis data test pembelajaran menggunakan media E-Modul pembelajaran terdapat perbedaan yang signifikan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan media E-Modul pembelajaran. Ini dapat dibuktikan perolehan nilai data hasil test nilai thitung =3,21773. Dari hasil perhitungan d.b = N-1 = 30-29 (dikonsultasikan dengan table nilai t) dan diperoleh thitung sebesar 1,67155. thitung lebih besar dari pada table thitung dengan perbandingan angkan thitung =3,21773> ttabel = 1,67155. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media E-Modul pembelajaran efektif dalam meningkatkan hasil belajar materi komposisi gambar dalam fotografi mata pelajaran desain grafis percetakan kelas XI Multimedia SMKN 1 Driyorejo Gresik.

Kata Kunci : Pengembangan E-Modul Pembelajaran, Komposisi Gambar Dalam Fotografi

Published
2019-07-11
Abstract Views: 6
PDF Downloads: 52