PENGEMBANGAN MODUL PERANGKAT LUNAK PENGOLAH GAMBAR BITMAP (RASTER) PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS BAGI SISWA KELAS X MULTIMEDIA DI SMKN 2 BLITAR

  • INGGAR AL LATIFAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kelayakan dan keefektifan modul yang dikembangkan untuk siswa kelas X Multimedia di SMKN 2 Blitar. Modul ini berisi tentang materi pengolah gambar bitmap atau raster yang ada dalam mata pelajaran dasar desain grafis. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan R&D. Metode pengumpulan data menggunakan angket, tes , dan observasi. Teknik analisis data menggunakan non parametrik yaitu sign test(uji tanda). Pada uji validitas item soal dinyatakan valid sedangkan uji reliabilitas dinyatakan reliabel.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) modul dasar desain grafis ini dikatakan layak dari aspek materi maupun media. Pada ahli materi, setelah dilakukan revisi dikategorikan sangat baik dengan presentase 100% sedangkan ahli media dikategorikan sangat baik dengan presentase 100%. 2) Hasil uji coba yang dilakukan secara perseorangan, kelompok kecil, dan kelompok besar menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik. Uji non parametrik sign test (uji tanda) Dengan dk = N-1 = 30-1=29 pada taraf signifikan 5% diperoleh t tabel=2,045. Hasil uji t pre-test kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan t hitung < t tabel, sehingga dapat disimpulkan juga bahwa modul efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran dan dapat membantu untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci : Pengembangan, Modul, Dasar Desain Grafis



Published
2019-07-11
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 467