PENGEMBANGAN MEDIA COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) MATERI MENGEVALUASI PERANGKAT EKSTERNAL/PERIPHERAL MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER KELAS X MULTIMEDIA SMK NU GRESIK

  • FARISA NADIA PUTRI

Abstract

Abstrak Permasalahan yang telah ditemukan adalah (1) Data nilai peserta didik yang diperoleh selama 2 tahun terakhir, materi Mengevaluasi Perangkat Eksternal/Peripheral belum dikuasai oleh peserta didik secara menyeluruh di kelas X SMK NU Gresik. (2) Materi Mengevaluasi Perangkat Eksternal/Peripheral sifat materinya lebih mengutamakan pada kemampuan menghafal dan pemahaman peserta didik. (3) Pembelajaran di dalam kelas menggunakan metode pembelajaran konvensional yang lebih berpusat pada guru dengan menggunakan buku cetak dan guru memberikan tugas kepada peserta didik. Sesuai dengan analisis kebutuhan dan karakteristik peserta didik serta lingkungan pembelajaran maka dilakukan pengembangan media CAI (Computer Assisted Instruction) pada materi Mengevaluasi Perangkat Eksternal/Peripheral mata pelajaran Sistem Komputer Kelas X Multimedia di SMK NU Gresik. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menghasilkan media CAI yang layak dan efektif pada materi Mengevaluasi Perangkat Eksternal/Peripheral. Model pengembangan yang digunakan ialah model pengembangan ADDIE. Untuk mengetahui kelayakan sebuah media dilakukan validasi kepada ahli materi dan media dengan menggunakan instrumen wawancara terstruktur serta melakukan uji coba perorangan dan kelompok kecil dengan menggunakan angket. Sedangkan untuk mengetahui keefektifan sebuah media dengan melakukan uji coba kelompok besar kepada peserta didik menggunakan instrumen tes. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif yang diperoleh dari hasil wawancara terstruktur, angket dan tes. Hasil analisis validasi ahli materi diperoleh presentase 81% , ahli media dengan presentase 83%, ahli desain pembelajaran dengan presentase 81%, uji coba perorangan 79%, uji coba kelompok kecil 84% serta uji coba kelompok besar 83%. Berdasarkan hasil presentase tersebut termasuk kriteria sangat layak sehingga media CAI materi Mengevaluasi Perangkat Eksternal/Peripheral dinyatakan layak. Sedangkan perhitungan menggunakan uji t diperoleh 〖t 〗_(hitung )post test kelas kontrol dan kelas eksperimen terdapat perbedaan dan diperoleh angka sebesar 2,14 yang kemudian dicocokkan dengan 〖t 〗_(tabel )dengan taraf signifikansi 5% dan db = 36-1, sehingga diperoleh 〖t 〗_(tabel )sebesar 2,030. Sehingga 〖t 〗_(hitung ) lebih besar dari 〖t 〗_(tabel ) yaitu 2,14 > 2,030. Maka penggunaan media CAI dapat dikatakan sudah efektif.Kata kunci : Media, Computer Assisted Instruction (CAI), Mengevaluasi Perangkat Eksternal/Peripheral
AbstractThe problems that have been found which is (1) The data of student scores obtained over the past 2 years, the material Evaluating External/Peripheral Devices has not been mastered by students as a whole in class X of NU Gresik Vocational School. (2) The material Evaluating External/Peripheral Devices the nature of the material prioritizes the ability to memorize and understand students. (3) Learning in the classroom uses conventional learning methods that are more teacher-centered by using printed books and the teacher gives assignments to students. In accordance with the analysis of needs and characteristics of learners and the learning environment is carried out media development CAI (Computer Assisted Instruction) on the material Evaluating External Devices/Peripherals subjects of Class X Multimedia at Vocational School NU Gresik. The purpose of this study is to produce a CAI media that is feasible and effective in the material Evaluating External Devices/Peripherals. The development model used is the ADDIE development model. To find out the feasibility of a media, it is validated by material experts and media by using structured interview instruments and conducting individual and small group trials using a questionnaire. Whereas to find out the effectiveness of a media by conducting a large group trial to students using a test instrument. Data obtained in the form of quantitative data obtained from the results of structured interviews, questionnaires and tests. The results of the material expert validation analysis obtained a percentage of 81 %, media experts with a percentage of 83%, learning design experts with a percentage of 81%, individual trials 79 %, small group trials 84% and large group trials 83 %. Based on the results of these percentages including very feasible criteria so that the CAI media evaluating External/Peripheral Devices is declared feasible. While the calculation using the t test is obtained 〖t 〗_(count ) post test control class and the experimental class there are differences and the numbers obtained are 2,14 which are then matched with 〖t 〗_(table ) with a significance level of 5% and db = 36 - 1, so that diperoleh 〖t 〗_(table ) is obtained for 2,030. So that 〖t 〗_(count ) is greater than 〖t 〗_(table ) which is 2,14 > 2,030. So the use of CAI media can be said to have been effective.Keywords: Media, Computer Assisted Instruction (CAI), Evaluating External/Peripheral Devices
Published
2019-07-12
Abstract Views: 80
PDF Downloads: 328